Joomla adalah salah satu content management system (CMS) untuk membuat website dinamis dengan mudah. Berbagai opsi pengaturan dapat dipilih melalui area admin untuk menyesuaikan tampilan website yang dibuat. Joomla semakin populer dan menjadi CMS yang banyak digunakan saat ini. Mulai rilis versi pertama, Joomla telah mengalami peningkatan yang signifikan dari sisi fitur, keamanan dan kemudahan diinstal dan digunakan.

Ketika menggunakan Joomla sebagai CMS untuk membuat website, Anda akan menjumpai halaman pertama web (home page atau front page) yang memiliki tulisan Home di area konten web. Tulisan Home (Home text) ini dimaksudkan untuk memberitahukan bahwa Anda sedang berada di halaman pertama dari sebuah website.

Bagi sebagian besar orang, tulisan Home tidak diperlukan dan ingin dihilangkah karena dianggap tidak ada kaitan dengan hal apapun yang ada di halaman paling pertama (home page) ini. Menghilangkan tulisan Home di bagian homepage Joomla cukup mudah. Berikut ini adalah langkag-langkahnya:

Menghilangkan tulisan Home di  homepage Joomla

Berikut ini adalah cara bagaimana menghilangkan tulisan Home di bagian konten homepage. Sekali lagi kuncinya adalah area administrator dari mana Anda akan memulai segala sesuatunya. Masuk ke area administrator (backend) Joomla dan kemudian Klik Menus > Main Menu.

Menghilangkan tulisan Home di  homepage Joomla

Klik menu Home dari daftar menu Joomla yang dibuat.

Menghilangkan tulisan Home di  homepage Joomla

Di bagian sebelah kanan, buka tab Page Display Options. Pilih opsi No (klik radio button berlabel No) untuk Show Page Heading dan tekan tombol Save atau Save & Close untuk menyimpan perubahan.

Menghilangkan tulisan Home di  homepage Joomla

Buka atau segarkan kembali (refresh) laman homepage website Joomla. Sekarang dapat dilihat bahwa tulisan Home di atas judul artikel telah hilang.

Menghilangkan tulisan Home di  homepage Joomla