Mengkonversi PDF ke JPG di Adobe Acrobat
Cara Mengkonversi PDF Ke JPG Di Adobe Photoshop

Mengkonversi file dari satu format ke format lain adalah hal yang biasa. Ketika sebuah file sudah dikonversi ke format lain, Anda dapat memanipulasi file tersebut lebih lanjut. Misalnya, format file PDF hanya dapat dimanipulasi dengan aplikasi yang didedikasikan untuk file PDF seperti Adobe Acrobat. Jika Anda sudah mengkonversi PDF ke format JPG, Anda dapat memanipulasi dengan aplikasi pengolah gambar (image editing) seperti Adobe Photoshop.

Ada banyak aplikasi atau tool online bisa digunakan untuk mengkonversi dari satu format file ke format file lain. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, Anda ingin mengkonversi format file PDF ke format file JPG, Anda dapat menggunakan Adobe Photoshop. Tidak seperti tool konversi online atau beberapa aplikasi, Adobe Photoshop mampu menjaga kualitas hasil konversi sesuai pengaturan Anda.

Adobe Photoshop dapat mengkonversi satu format file ke lebih dari dua puluh format file berbeda. Namun, beberapa format file memerlukan ekstensi atau plugin agar dapat dibuka dan dikonversi ke format berbeda. Misalnya, secara default, Adobe Photoshop tidak mendukung format file WebP (.webp), untuk bisa menangani format file ini, Anda perlu menginstal ekstensi WebPShop yang dapat diunduh gratis di github.com.

Konversi format file PDF ke JPG terkadang diperlukan ketika Anda ingin menggunakan di tempat lain. Sebagai contoh, halaman dokumen atau gambar PDF tidak dapat ditampilkan di website. Beberapa platform untuk membuat website juga tidak mendukung format file PDF. Untuk bisa menampilkan halaman atau gambar PDF, Anda perlu mengkonversi kedahulu format file yang dapat diterima website seperti JPG, PNG, atau WebP.

Bila Anda ingin mengkonversi format file PDF ke format file JPG menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, berikut ini adalah caranya:

Jalankan aplikasi Adobe Photoshop DC terlebih dahulu dan kemudian buka file PDF yang ingin dikonversi ke format file JPG. Di jendela Import PDF yang muncul, jika dokumen PDF terdiri dari banyak halaman, maka setiap halaman akan diwakiliki oleh thumbnail.

Sebagai contoh, halaman 1 dari dokumen PDF (1) yaitu sampul konsep buku, dipilih untuk dikonversi ke format JPG. Klik thumbnail nomor 1 untuk menyeleksinya dan kemudian klik tombol OK (2). Jika Anda ingin menyeleksi lebih dari satu halaman, tekan tombol keyboard Shift dan kemudian klik thumbnail halaman yang diinginkan. Setiap thumbnail halaman PDF dibuka di jendela terpisah.

Mengkonversi PDF ke JPG di Adobe Photoshop

Setelah halaman PDF yang diseleksi dibuka, Anda dapat melakukan pengeditan terlebih dahulu sebelum menyimpan ke format JPG layaknya Anda mengedit file gambar.

Mengkonversi PDF ke JPG di Adobe Photoshop

Untuk mengkonversi ke format JPG, klik menu File (1) dan kemudian klik submenu Save As... (2).

Mengkonversi PDF ke JPG di Adobe Photoshop

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan folder penyimpanan (1), beri nama file hasil konversi (2), pilih format file JPEG dari daftar tarik turun (3), dan kemudian klik tombol Save (4).

Mengkonversi PDF ke JPG di Adobe Photoshop

Di kotak dialog JPEG Options yang muncul, atur dengan menggeser slider handler (1) untuk mengatur kualitas gambar dan kemudian klik tombol OK (2). Proses konversi PDF ke JPG di Adobe Photoshop selesai.

Mengkonversi PDF ke JPG di Adobe Photoshop
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It