WampServer adalah platform pengembangan web untuk Microsoft Windows yang terdiri dari web server Apache HTTP, PHP, MySQL dan phpMyAdmin. Anda dapat menginstal platform ini di komputer Windows untuk membuat web server lokal. Dengan web server lokal WampServer ini, Anda dapat membuat blog, website atau aplikasi web lainnya berbasis bahasa pemrograman PHP.

Ketika Anda menginstal WampServer di Microsoft Windows 10, ada proses dimana WampServer meminta persetujuan Anda untuk menggunakan Internet Explorer (iexplorer.exe) sebagai browser default. Di sini, Anda dapat memutuskan untuk menggunakan browser Internet Explorer atau browser lain yang sudah terinstal di komputer Anda. Browser default ini akan dijalankan ketika Anda membuka localhost.

Merubah browser default untuk membuka localhost di WampServer

Meskipun pengaturan standar browser sudah cukup untuk menjalankan fungsinya, terkadang pada situasi tertentu, Anda mungkin akan melakukan perubahan pengaturan terkait dengan JavaScrip, Pop ups, cookies, image, plugin atau bahkan menginstal ekstensi tambahan. Perubahan pengaturan dan penambahan ekstensi dapat menyebabkan browser menjadi tidak stabil dan berjalan lambat.

Bila browser default WampServer bermasalah, Anda perlu melakukan reset browser untuk mengembalikan ke kondisi awal. Opsi lainnya adalah mengganti browser default WampServer yang bermasalah tersebut. Jika Anda ingin mengganti browser default WampServer, Anda dapat melakukan melalui file wampmanager.conf yang ada di folder wamp64 (bila menggunakan wampserver 64-bit). Berikut ini adalah caranya:

Jalankan File Explorer, arahkan ke path C:\wamp64 (1), klik kanan mouse tepat di file wampmanager.conf (2) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih text editor Nopepad++ (3) atau text editor lain yang Anda miliki.

Merubah browser default untuk membuka localhost di WampServer

File wampmanager.conf dibuka di text editor Notepad++. Di baris nomor 9, Anda dapat melihat path browser Internet Explorer (iexplore.exe) yaitu browser default yang digunakan WampServer. Anda dapat mengganti browser default ini dengan merubah path menjadi path browser yang Anda inginkan, misalnya browser Mozilla Firefox.

Merubah browser default untuk membuka localhost di WampServer

Untuk mendapatkan path browser Mozilla Firefox, Jalankan File Explorer, arahkan ke folder Mozilla Firefox (1), cari file firefox.exe (2), sambil menekan tombol keyboard Shift, klik kanan mouse tepat di file firefox.exe untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Copy as path (3).

Merubah browser default untuk membuka localhost di WampServer

Di text editor Notepad++, rubah path browser Internet Explorer menjadi path browser Mozilla Firefox (1) dan kemudian simpan dengan mengklik tombol Save (2).

Merubah browser default untuk membuka localhost di WampServer

Untuk melihat hasilnya, keluar (exit) terlebih dahulu dari WampServer yang sedang berjalan dan kemudian jalankan kembali WampServer. Sekarang, setiap Anda mengakses localhost, browser default Mozilla Firefox dijalankan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It