Media Joomla adalah tool Joomla untuk mengelola file-file media yang digunakan di website Joomla. Di area Media ini, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti membuat folder baru, menghapus folder yang tidak digunakan, mengunggah (upload) file dan menghapus file yang tidak digunakan. Folder dibuat sebagai tempat menyimpan atau mengelompokkan file-file media Joomla.

File-file media di Joomla perlu diunggah di Media sebelum digunakan. File dan folder yang sudah tidak digunakan juga perlu dihapus agar mempermudah pengelolaan dan pencarian file dan folder serta tidak membebani ruang penyimpanan. Sebuah artikel Joomla umumnya memiliki gambar pendukung. Gambar tersebut diambil dari folder yang ada di area Media Joomla.

Baca artikel terkait Media Joomla:

Ketika artikel Joomla sudah tidak up-to-date dan dihapus dari penayangan, file gambar dan folder tempat gambar juga perlu dihapus. Ada beberapa cara untuk menghapus folder di Media Joomla. Bila website masih di localhost dan menggunakan sistem operasi Windows, dapat digunakan tool File Explorer. Bila situs sudah online, dapat digunakan File Manager dari cPanel. Namun demikian, yang dianjurkan adalah menggunakan tool Media Joomla di area administrator (backend) Joomla.

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi (backend) Joomla dan kemudian klik menu Content > Media.

Menghapus folder dari Media Joomla

Pastikan Anda berada di tab Thumbnail View. Di area sebelah kiri Media Manager, Anda dapat melihat berbagai nama folder yang ada. Di contoh ini, folder bernama folder1234 akan dihapus.

Menghapus folder dari Media Joomla

Pindah ke area sebelah kanan, Anda dapat melihat ikon-ikon folder dengan kotak centang (check box), tombol Delete dan nama folder. Pastikan Anda memberi centang di kotak centang dari folder yang akan dihapus dan kemudian klik tombol Delete yang ada dibagian atasnya. Menggunakan kotak centang akan lebih optimal ketika Anda ingin menghapus beberapa folder sekaligus.

Menghapus folder dari Media Joomla

Jika proses penghapusan folder berhasil, Anda akan mendapatkan pesan bahwa penghapusan folder telah selesai dan folder tersebut telah hilang dari posisi semula.

Menghapus folder dari Media Joomla

Folder yang akan dihapus harus dipastikan tidak berisi file media. Bila folder masih berisi file media, apakah file tersebut masih digunakan oleh situs Joomla atau tidak (file bebas), maka penghapusan akan gagal.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It