Command Prompt adalah aplikasi penterjemah baris perintah yang memiliki kemiripan dengan MS-DOS. Command Prompt akan mengeksekusi perintah yang dimasukkan. Banyak hal yang Anda kerjakan di antarmuka grafis Windows bisa dikerjakan di Command Prompt dan bahkan lebih cepat. Meskipun Command Prompt sudah lebih dari cukup, Microsoft nyatanya masih menghadirkan tool yang lebih powerful lagi, Windows PowerShell.

PowerShell adalah tool yang memiliki kemampuan dan fleksibilitas lebih baik dibanding Command prompt. PowerShell memiliki fitur lanjutan yang tidak ada di Command Prompt. Di Windows, Anda dapat menjalankan PowerShell dalam dua mode yaitu mode Normal dan mode Administrator. Menjalankan PowerShell dalam mode Administrator dapat memberi kekuatan penuh sebagai bahasa scripting.

Baca artikel Selalu Menjalankan Program Dalam Mode Administrator (Run As Administrator)

Anda dapat menjalankan PowerShell dalam mode Administrator dengan cara klik kanan ikon PowerShell untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Run As Administrator. Bila Anda ingin menjalankan PowerShell dalam mode Administrator kembali, Anda perlu mengulangi langkah yang sama. Namun, ada cara yang lebih praktis dimana Anda selalu menjalankan PowerShell dalam mode Administrator.

Baca artikel:

Buka Cortana dan ketik "windows powershell". Tepat di Windows PowerShell yang muncul, klik kanan (right click) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Pin to taskbar.

Selalu menjalankan Windows PowerShell dalam mode Administrator di Windows 10

Klik kanan ikon Windows PowerShell yang ada di taskbar untuk menampilkan menu pintas, di daftar menu pintas yang muncul, klik kanan tepat di Windows PowerShell dan kemudian pilih Properties.

Selalu menjalankan Windows PowerShell dalam mode Administrator di Windows 10

Di kotak dialog Windows PowerShell Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Shortcut. Di area bagian bawah, klik tombol Advanced...

Selalu menjalankan Windows PowerShell dalam mode Administrator di Windows 10

Di kotak dialog Advanced Properties yang muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Run as administrator. Di kotak dialog Windows PowerShell Properties yang masih muncul, klik tombol Apply dan kemudian tombol OK untuk mengakhiri.

Selalu menjalankan Windows PowerShell dalam mode Administrator di Windows 10