Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) yang paling populer dengan jumlah pengguna terbanyak. Microsoft Word digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen teks seperti naskah buku, memo, surat, laporan, resume, jurnal dan masih banyak lagi. Microsoft Word memiliki fitur pemformatan teks sangat lengkap dan sebagian fitur juga sangat kompleks untuk menghasilkan dokumen yang menarik dan profesional.

Untuk pemformatan teks yang sering digunakan, Microsoft Word menyediakan akses mudah dan cepat melalui tombol atau kotak daftar tarik turun (drop-down list box) di ribbon. Misalnya, untuk membuat atau memformat teks menjadi tebal, miring dan digaris bawah, Anda dapat menyeleksi teks terlebih dahulu dan kemudian mengklik berturut-turut tombol Bold, Italic dan Underline di kelompok Font pada tab Home di ribbon Microsoft Word.

Baca artikel:

Umumnya, teks tertentu langsung diformat ketika penulisan frase atau kalimat selesai. Performatan teks pada frase dan kalimat berikutnya juga dilakukan dengan cara sama. Pemformatan langsung ini untuk menghindari agar tidak lupa memformat teks yang harus diformat, terlebih lagi untuk dokumen panjang yang terdiri dari puluhan, ratusan hingga ribuan halaman.

Baca artikel:

Anda bisa membayangkan ketika membuat naskah buku yang memiliki ratusan halaman. Anda lupa ada beberapa teks (kata atau frase) yang harus diformat tebal (bold) dan miring (italic) sedangkan teks tersebar di banyak halaman. Anda bisa saja menggunakan fitur Find untuk menemukan teks dimaksud dan kemudian memformatnya secara manual satu persatu. Namun, cara yang demikian membutuhkan kesabaran, waktu lama dan tentu saja melelahkan.

Sebagai solusi untuk masalah di atas, Anda dapat fitur Find and Replace. Melalui kotak dialog Find and Replace, Anda dapat menemukan dan memformat sekaligus semua teks tertentu lebih cepat. Fitur Find and Replace memiliki banyak opsi lanjutan, salah satunya bisa digunakan untuk menangani tugas terkait dengan pemformatan teks.

Sebagai contoh, ketika selesai membuat naskah buku bahasa pemrograman Java, Anda mungkin ingin memformat semua teks untuk kelas-kelas Java (Java classes), misalnya JFrame, menjadi tebal (bold) dan miring (italic). Anda dapat menggunakan fitur Find and Replace di Microsoft Word untuk menemukan semua teks JFrame dan memformatnya menjadi tebal dan miring dengan cepat. Berikut ini adalah langkahnya:

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan buka naskah buku bahasa pemrograman Java, pastikan Anda berada tab Home, di kelompok Editing (1), klik tombol Replace (2) untuk membuka kotak dialog Find and Replace.

Menemukan dan memformat teks sekaligus di Microsoft Word

Di kotak dialog Find and Replace yang terbuka, pastikan Anda berada di tab Replace (1) dan kemudian ketik JTable (2) di kotak teks Find what.

Menemukan dan memformat teks sekaligus di Microsoft Word

Di kotak teks Replace with, ketik JTable (1). Pastikan kursor masih berada di kotak teks tersebut dan kemudin klik tombol More>> (2).

Menemukan dan memformat teks sekaligus di Microsoft Word

Masih di kotak dialog Find and Replace, klik tombol Format (1) dan dari dafar menu yang muncul, pilih Font... (2).

Menemukan dan memformat teks sekaligus di Microsoft Word

Di kotak dialog Replace Font yang muncul, pastikan Anda berada di tab Font (1), di daftar Font style, pilih Bold Italic (2) dan kemudian klik tombol OK (3).

Menemukan dan memformat teks sekaligus di Microsoft Word

Kembali ke kotak dialog Find and Replace, sekarang, Anda dapat memperhatikan label Format telah berisi Font:Bold, Italic (1). Ini artinya Anda akan mengganti teks JTable dengan teks JTable yang diformat tebal (bold) dan miring (italic). Berikutnya, klik tombol Replace All (2).

Menemukan dan memformat teks sekaligus di Microsoft Word

Kotak dialog Microsoft Word muncul yang menginformasikan bahwa ada 11 teks JTable (1) yang telah diformat tebal dan miring. Klik tombol OK untuk mengakhiri (2).

Menemukan dan memformat teks sekaligus di Microsoft Word

Tidak terbatas pada contoh di atas, fitur Find and Replace dapat digunakan untuk pemformatan lainnya. Misalnya, Anda dapat memformat semua teks tertentu menjadi miring (italic) dan berwana merah, mengubah semuat teks yang telah diformat tebal (bold) dan miring (italic) menjadi teks biasa (regular) lagi dan sebagainya.

Fitur Find and Replace juga digunakan untuk keperluan yang lebih luas. Anda dapat menggunakan fitur Find and Replace untuk mengetahui atau menghitung jumlah gambar di dokumen Microsoft Word, menghapus semua gambar dari dokumen Microsoft Word dan sebagainya. Dengan berbagai opsi yang tersedia, Anda diberi fleksibilitas untuk memformat dokumen teks lebih mudah dan cepat melalui fitur Find and Replace.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It