Mengaktifkan mode gelap Google Chrome di Windows 10

Sudah mulai banyak aplikasi yang ada saat ini menyediakan tema gelap (dark mode). Mode gelap ini dapat menjadi alternatif bagi pengguna untuk merubah antarmuka aplikasi yang umumnya berwarna putih terang. Warna putih terang cenderung membuat mata silau, cepat perih dan juga lelah ketika berlama-lama di depan komputer, sedangkan warna gelap membuat mata lebih nyaman karena tidak memancarkan cahaya berlebihan.

Sebagai web browser yang paling banyak digunakan, mulai di Chrome 74, mode gelap bawaan (built-in dark mode) Google Chrome telah tersedia di Microsoft Windows. Sebelumnya, mode gelap Google Chrome ini telah hadir lebih dahulu di macOS Mojave. Di Windows, Anda dapat mengaktifkan mode gelap Google Chrome dengan dua cara yaitu melalui Windows Settings dan melalui flag --force-dark-mode.

Baca artikel:

Untuk Windows Settings, jika pengaturan di Windows menggunakan mode gelap (dark) untuk seluruh aplikasi Windows, Google Chrome otomatis juga akan menggunakan mode gelap. Jadi pengaturan di Windows ini mengaktifkan mode gelap untuk semua aplikasi Windows yang mendukung mode gelap dan juga Google Chrome, sedangkan untuk flag --force-dark-mode, hanya akan mengaktifkan mode gelap Google Chrome saja meskipun pengaturan di Windows tidak menggunakan mode terang (light).

Baca artikel:

Berikut ini adalah cara mengaktifkan mode gelap (dark mode) browser Google Chrome di Microsoft Windows 10.

1. Mengaktifkan Mode gelap Google Chrome melalui Windows Settings.

Untuk mengaktifkan mode gelap Google Chrome melalui Windows Settings, klik Tombol Start yang ada di sudut kiri bawah, kemudian klik ikon Settings (ikon gear) dan kemudian di Windows Settings yang muncul, pilih Personalisation (Background, lock screen, colours).

Di jendela Settings - Personalisation yang muncul, pastikan Anda berada di tab Colours (1), kemudian pilih Dark dari kotak tarik turun (drop-down box) Choose your colour (2).

Mengaktifkan mode gelap browser Google Chrome di Windows 10

2. Mengaktifkan Mode gelap Google Chrome melalui flag.

Untuk mengaktifkan mode gelap Google Chrome melalui flag, klik kanan ikon Google Chrome yang ada di dekstop atau di taskbar (1) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties (2).

Mengaktifkan mode gelap browser Google Chrome di Windows 10

Di kotak dialog Google Chrome Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Shortcut (1), di akhir nilai pada kotak teks Target, tambahkan spasi dan kemudian ketik --force-dark-mode (2). Klik tombol Apply (3) dan kemudian tombol OK (4) untuk mengakhiri.

Mengaktifkan mode gelap browser Google Chrome di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It