Internet memberikan kemudahan kepada siapa saja untuk berbagi file. Ketika Anda mendapat email, email tersebut terkadang disertai file attachment. Ketika Anda mengunjungi laman website untuk membaca artikel, artikel tersebut biasanya menyediakan link untuk mengunduh file tertentu yang dibagikan. Menyertakan file tertentu di sebuah email atau artikel sudah menjadi hal umum.

Salah satu format file yang sering disertakan sebagai file attachment di email atau file unduhan di artikel website adalah PDF. File PDF berekstensi .pdf adalah format file populer dan dapat dibuat dengan sangat mudah menggunakan banyak program aplikasi. File pdf adalah salah satu jenis file yang didukung Joomla. Anda dapat menambahkan file pdf ke artikel Joomla dalam bentuk teks tautan (link text).

Baca artikel terkait file PDF:

Dengan teks tautan, pengunjung atau visitor blog dapat mengunduh file pdf yang dibagikan dengan cara mengklik teks tautan. Menambahkan file pdf ke artikel Joomla dalam bentuk teks tautan tidak sulit. Anda dapat menggunakan editor WYSIWYG Joomla seperti editor TinyMCE atau JCE. Anda perlu mengunggah (upload) file pdf ke folder images atau subfolder dari folder images.

File pdf (pengantar-ke-pemrograman-java.pdf) di contoh ini diunggah (upload) ke folder images\pdf. Di artikel Menambahkan File PDF Di Artikel Joomla Menggunakan Editor JCE, file pdf ditambahkan ke artikel Joomla menggunakan fitur editor JCE. Di artikel kali ini, Anda akan menambahkan file pdf di artikel Joomla menggunakan editor TinyMCE. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buat atau buka artikel Joomla yang akan diberi file pdf. Sorot atau blok teks untuk dijadikan sebagai teks tautan (link teks) yang akan mengacu ke file PDF yang dibagikan. Dengan mengklik link ini nantinya, file PDF dapat diunduh (downloaded).

Menambahkan file PDF ke artikel Joomla menggunakan editor TinyMCE

Klik tombol Insert/Edit Link untuk mulai membuat tautan (link) ke file PDF yang ingin dibagikan yang sudah berada di folder Media Joomla (image/pdf).

Menambahkan file PDF ke artikel Joomla menggunakan editor TinyMCE

Biasanya setiap file media yang digunakan di artikel Joomla akan diunggah melalui laman Media Joomla untuk disimpan di folder images atau subfolder dari folder images, misalnya folder pdf. Karena file pdf diletakkan di subfolder pdf dari folder images, Anda cukup menuliskan path dimulai dari folder images di kotak teks berlabel Url (1), pilih New Window untuk Target sehinggan file PDF dibuka di tab baru browser dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK (3).

Menambahkan file PDF ke artikel Joomla menggunakan editor TinyMCE

Bila penulisan path (URL) ke file PDF tidak salah, maka teks yang disorot akan berubah menjadi link yang mengacu ke file PDF yang ingin dibagikan. Dengan mengklik link ini, file PDF dapat diunduh (downloaded).

Menambahkan file PDF ke artikel Joomla menggunakan editor TinyMCE

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It