Cara menemukan momor seri hard disk di Windows

Hard disk adalah salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang sangat penting. Hard disk adalah tempat file system Windows, file program dan data diletakkan. Tidak ada jaminan perangkat keras komputer seperti hard disk selalu dalam kondisi terbaik sampai masa usia pakai. Terkadang, ketika Anda membeli unit komputer baru, tidak berselang lama muncul masalah, misalnya pada hard disk.

Ketika Anda membeli unit komputer secara resmi, Anda mendapatkan kartu garansi. Kartu garansi bisa digunakan bila dalam rentang waktu komputer mengalami masalah. Bila masalah pada hard disk, hard disk akan diperbaiki atau kemungkinan diganti. Sebelum dilakukan penggantian hard disk, hard disk perlu diidentifikasi untuk mendapatkan hard disk yang sama atau untuk memastikan kompatibilitas dengan perangkat lain.

Baca artikel Mengatasi Masalah Hard Disk Eksternal Yang Tidak Terdeteksi

Hard disk diidentifikasi melalui nomor seri (serial number). Nomor seri adalah nomor unik yang diberikan oleh pabrikan pembuat. Nomor seri hard disk melekat pada fisik hard disk. Anda perlu melepas hard disk dari komputer untuk menemukan atau mengetahui nomor serinya. Cara lain menemukan atau mengetahui nomor seri hard disk adalah melalui command line dari Command Prompt dan Windows PowerShell:

Baca artikel Memeriksa Kesehatan Hard Disk Di Windows

1. Melalui Command Prompt.

Jalankan atau buka Command Prompt. Anda dapat membaca artikel Membuka Atau Menjalankan Command Prompt Di Windows 10 untuk mengetahui berbagai cara menjalankan atau membuka Command Prompt. Di jendela Command Prompt yang terbuka, ketikkan perintah di bawah ini dan kemudian tekan tombol Enter.

wmic diskdrive get model, name, serialnumber

Cara menemukan atau mengetahui nomor seri (serial number) hard disk di Windows

2. Melalui Windows PowerShell.

Ada beberapa cara menjalankan atau membuka Windows PowerShell, salah satunya melalui kotak dialog Run. Tekan kombinasi tombol keyboard WINDOWS+R untuk membuka kotak dialog Run, ketikkan "powershell" dan klik tombol OK atau tekan tombol Enter. Di jendela Windows PowerShell yang muncul, ketikkan perintah di bawah ini dan kemudian tekan tombol Enter.

Get-WMIObject win32_physicalmedia | Format-List Tag, SerialNumber

Baca artikel Mengganti Command Prompt Dengan Windows PowerShell Di Windows 10

Cara menemukan atau mengetahui nomor seri (serial number) hard disk di Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It