Distro Linux terbaik untuk pendidikan anak

4 Distro Linux Terbaik Untuk Pendidikan Anak

Distro Linux adalah sistem operasi sumber terbuka dan gratis. Kita akui bahwa Linux tidak sepopuler Microsoft Windows. Namun kenyataannya, untuk perkantoran, Windows lebih mendominasi, sedangkan Linux banyak digunakan untuk server, data center, smartphone, firewall, router, web server, hosting dan sebagainya. Linux telah berkembang pesat dan siapapun dapat mengoperasikan dengan mudah menggunakan Graphical User Interface (GUI).

Ada lebih dari 300 distro Linux yang saat ini aktif dikelola. Yang perlu diketahui terkait distro Linux adalah bahwa distro Linux itu beragam sehingga dapat memenuhi kebutuhan unik dari penggunanya. Ada distro Linux untuk gaming, distro Linux untuk ethical hacking, distro Linux ringan untuk perangkat komputer lama, distro Linux untuk pemula dan lain sebagainya termasuk juga distro Linux untuk anak-anak.

Baca artikel 5 Mesin Pencari (Search Engine) Terbaik Khusus Untuk Anak-Anak

Linux adalah sistem operasi powerfull untuk saat ini dan untuk masa yang akan datang. Ada cukup alasan untuk beralih atau pindah dari Windows ke Linux. Anak-anak adalah aset masa depan. Memperkenalkan teknologi sumber terbuka seperti Linux untuk anak adalah hal yang baik. Anda tidak perlu kawatir. Ada cukup banyak distro Linux yang ramah anak-anak (kid-friendly Linux).

Baca artikel:

Berikut ini adalah beberapa distro Linux terbaik untuk anak yang berisi konten pendidikan. Distro Linux pilihan ini tetap mendapat update secara berkala untuk memastikan sistemnya tetap stabil, aman dan muthakhir serta untuk penyempurnaan konten.

1. Edubuntu.

Distro Linux terbaik untuk pendidikan anak

Edubuntu adalah distro Linux sederhana namun populer yang berorientasi pada pendidikan. Distro Linux yang sebelumnya dikenal dengan Ubuntu Education Edition ini dikembangkan oleh Canonical Ltd bekerja sama dengan para pendidik dan guru. Edubuntu adalah distro Linux berbasis Ubuntu yang dirancang khusus untuk digunakan di ruang kelas di sekolah, rumah atau komunitas.

Edubuntu ditujukan untuk anak-anak dari berbagai usia mulai dari anak yang baru bisa membaca hingga remaja yang siap masuk perguruan tinggi. Edubuntu dibundel dengan KDE Edutainment Suite dan software edukasi seperti GCompris, gElemental dan TuxPaint. Edubuntu menggunakan antar muka default GNOME dan tersedia juga pilihan KDE.

2. OpenSUSE-Edu Li-f-e.

Distro Linux terbaik untuk pendidikan anak

OpenSUSE-Edu Li-f-e adalah distro Linux lainnya yang juga berorientasi pada pendidikan. OpenSUSE-Edu Li-f-e dikembangkan oleh Canonical Ltd dan turut terlibat pula komunitas openSUSE. Kata "Li-f-e" adalah singkatan dari "Linux for Education". Proyek OpenSUSE-Edu Li-f-e sendiri ditangani oleh tim edukasi openSUSE.

OpenSUSE-Edu Li-f-e dibundel dengan aplikasi pendidikan seperti GCompris, Stellarium, Brain Workshop, gElemental dan TuxPaint. Selain perangkat lunak (software), OpenSUSE-Edu Li-f-e juga memiliki banyak kesamaan dengan Edubuntu dalam hal antar muka. Sampai saat ini, OpenSUSE-Edu Li-f-e masih terus dikembangkan secara aktif.

3. Ubermix.

Distro Linux terbaik untuk pendidikan anak

Ubermix memiliki satu kesamaan dengan Edubuntu yaitu distro Linux yang juga berbasis Ubuntu. Ubermix dibuat untuk tujuan membantu anak-anak belajar cara menggunakan komputer dengan cara yang menyenangkan dan sederhana. Tidak ada aplikasi eksklusif yang dikembangkan secara khusus untuk distro anak-anak ini.

Aplikasi yang disertakan atau dibundel di Ubermix pada dasarnya juga telah tersedia di repositori Ubuntu. Namun demikian, Ubermix tetap mendapatkan penyesuaian di sana-sini untuk membuat Ubermix menjadi distro yang semakin ramah anak (kid-friendly). Sampai saat ini, Ubermix masih tetap dalam pengembangan aktif.

4. Sugar On A Stick.

Distro Linux terbaik untuk pendidikan anak

Sugar On A Stick (SoaS) adalah distro Linux untuk anak-anak yang dibuat oleh SugarLabs pada tahun 2006. Sugar On A Stick mengacu pada platform pembelajaran khusus, Sugar Learning Platform, yang telah cukup populer. Berbasis pada konsep Studio Thinking dan Reflective Practice, ini adalah strategi mengajar untuk pembelajaran yang efektif.

Sugar On A Stick hanya membutuhkan PC berbasis x86. Anda cukup memasukkan USB stick dan melakukan booting melaluinya, tanpa perlu instalasi lagi. Sugar On A Stick memiliki antar muka (user interface) yang dirancang untuk tujuan belajar dan mengajar. Versi stabil Sugar On A Stick berbasis pada Fedora 29 yang dirilis pada akhir 2018.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It