Sebagai aplikasi pengolah kata (word processor), Micrsoft Word memiliki fitur cukup lengkap untuk membuat dokumen semenarik mungkin. Anda dapat memberlakukan berbagai pemformatan pada teks tertentu untuk membuat teks tersebut lebih menonjol dan menarik perhatian, berbeda dengan teks lainnya. Salah satu fitur yang juga penting dalam pembuatan dokumen Word adalah Bullets dan Numbering.

Selain pemformatan dengan memberi warna teks, menebalkan teks (bold), membuat teks miring (italic) dan lain sebagainya, Anda juga dapat menggunakan fitur Bullets dan Numbering untuk membuat teks menjadi lebih menonjol dan menarik perhatian. Fitur Bullets dan Numbering cocok digunakan pada daftar (list) item atau urutan penting terkait prosedur atau proses.

Baca artikel terkait:

Fitur Bullets dan Numbering digunakan untuk membuat atau menambahkan penomoran otomatis, baik dengan bullet/simbol atau angka/huruf. Karena Bullets and Numbering adalah fitur yang cukup sering digunakan, Anda memiliki akses cepat untuk menggunakannya melalui tombol Bullets (1) dan tombol Numbering (2) di kelompok Paragraph pada tab Home dari ribbon Microsoft Word.

Menggunakan bullets numbering di Microsoft Word

Menggunakan tombol Bullets.

Bullet atau simbol pada dasarnya adalah elemen grafis seperti bulatan kecil, persegi kecil, tanda centang dan lain sebagainya. Bullets digunakan untuk membuat atau menambahkan penomoran otomatis berupa bullet atau simbol. Bullets dapat digunakan pada daftar item atau prosedur atau proses yang tidak harus terurut.

Untuk menggunakan tombol Bullets, blok atau sorot teks terlebih dahulu. Pastikan Anda berada di tab Home (1), di bagian Paragraph, klik anak panah kecil pada tombol Bullet (2) dan kemudian pilih bullet atau simbol yang ingin digunakan (3).

Menggunakan bullets numbering di Microsoft Word

Hasil menggunakan fitur Bullets dan pemilihan bullet atau simbol adalah seperti pada gambar di bawah ini.

Menggunakan bullets numbering di Microsoft Word

Menggunakan tombol Numbering.

Numbering digunakan untuk membuat atau menambahkan penomoran otomatis berupa angka atau huruf. Numbering digunakan pada daftar item yang perlu untuk menampilkan jumlah atau prosedur atau proses yang terurut, misalnya 10 item yang harus dibeli atau proses awal harus sudah selesai sebelum proses berikutnya.

Untuk menggunakan tombol Numbering, blok atau sorot teks terlebih dahulu. Pastikan Anda telah berada di tab Home (1), di kelompok Paragraph, klik anak panah kecil pada tombol Numbering (2) dan kemudian pilih penomoran yang ingin digunakan (3).

Menggunakan bullets numbering di Microsoft Word

Hasil menggunakan fitur Numbering dan pemilihan penomoran adalah seperti pada gambar di bawah ini.

Menggunakan bullets numbering di Microsoft Word

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It