Apa Itu Fitur Prefetch Di Mozilla Firefox Dan Cara Menonaktifkan

Mozilla Firefox adalah browser dengan jumlah pengguna terbanyak setelah Google Chrome. Mozilla Firefox termasuk yang berhasil menguasai pangsa pasar pengguna browser. Hampir semua browser modern saat ini memiliki fitur mempercepat proses pemuatan halaman web (web page) dengan nama sama atau berbeda.

Nama fitur untuk mempercepat proses pemuatan halaman web di browser Microsoft Edge, Google Chrome dan Opera adalah Page Prediction, sedangkan di Mozilla Firefox adalah Prefetch. Secara default, fitur prefetch ini diaktifkan. Dengan fitur ini, Mozilla Firefox memprediksi halaman web yang mungkin Anda buka berikutnya dan kemudian mengambil halaman web tersebut terlebih dahulu.

Baca artikel Mengaktifkan Atau Menonaktifkan Fitur Page Prediction Di Microsoft Edge

Pengambilan konten halaman website ini dilakukan dibalik layar tanpa melibatkan Anda dan kemudian menyimpannya di cache. Jadi, halaman web telah disiapkan terlebih dahulu dan ketika Anda mengklik tautan dari halaman web tersebut, halaman web akan dimuat atau ditampilkan di browser Mozilla Firefox jauh lebih cepat.

Baca artikel:

Fitur Prefetch ini tentu memberi konsekuensi lain saat diaktifkan seperti cooke yang tidak diinginkan, akses ke situs yang tidak aman, peningkatan kerja CPU, penggunaan bandwidth dan sebagainya. Ini berkaitan dengan keamanan saat melakukan browsing dan penggunaan sumber daya (resource) komputer.

Sebagian pengguna Mozilla Firefox lebih memilih untuk menonaktifkan atau mematikan fitur Prefetch ini. Bila Anda salah satunya, berikut ini adalah cara untuk menonaktifkan atau mematikan fitur Prefetch di browser Mozilla Firefox:

Buka atau jalankan browser Mozilla Firefox, ketik about:config (1) di bilah alamat (address bar), tekan tombol keyboard Enter dan kemudian klik tombol Accept the Risk and Continue (2).

Apa itu fitur Prefetch dan cara menonaktifkan di browser Mozilla Firefox

Di kotak pencarian, ketik "prefetch" (1) untuk menampilkan semua fitur yang terkait dengan Prefetch. Cari fitur network.prefetch-next dan kemudian klik tombol Toggle (3) untuk mengubah nilai dari true ke false (4).

Apa itu fitur Prefetch dan cara menonaktifkan di browser Mozilla Firefox
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It