Apakah hard disk komputer terisi penuh? Ini adalah hal yang wajar ketika Anda sudah menggunakan komputer dalam waktu yang lama. Terlebih lagi jika Anda cukup sering mengunduh banyak file dari internet dan lupa menghapus atau membersihkannya. Hard disk akan cepat terisi file-file yang mungkin sebagian besar tidak diperlukan lagi.

Salah satu efek samping tidak membersihkan file yang tidak perlu adalah file akan dengan cepat mengisi hard disk. Namun, Anda bisa mendapatkan kembali beberapa ruang di hard disk dengan cara mencari file besar yang tidak diperlukan dan kemudian menghapusnya. Ini sebenarnya tidak sulit di Microsoft Windows. Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan File Explorer.

Baca artikel:

Anda bisa menggunakan File Explorer dengan memanfaatkan perintah pencarian tingkat lanjut (Advanced Search Command) untuk mencari file ukuran besar (large files). Yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan perintah pencarian tersebut di File Explorer dan semua file besar dengan ukuran tertentu akan ditampilkan.

File Explorer memiliki sintaksis pencarian lanjutan (advanced search syntax) yang dapat memfilter atau menyaring file dan folder berdasarkan pada kriteria yang berbeda. Untuk mencari file ukuran besar, Anda dapat menggunakan perintah ukuran (size command) untuk menemukan file dengan ukuran lebih besar dari ukuran tertentu.

Berikut ini adalah beberapa perintah untuk mencari file ukuran besar di File Explorer yang bisa digunakan:

  1. Mencari ukuran file antara 1MB – 128MB — size:medium
  2. Mencari ukuran file antara 128MB – 1GB — size:large
  3. Mencari ukuran file antara 1GB – 4GB — size:huge
  4. Mencari ukuran file lebih besar dari 4GB — size:gigantic

Selain menggunakan parameter yang sudah tentu seperti medium, large, huge dan gigantic, Anda juga dapat menggunakan parameter dengan ukuran yang spesifik. Misalnya, untuk mencari ukuran file lebih besar dari 5GB, Anda dapat menggunakan perintah size: >5GB. Untuk menemukan file kurang dari 1MB, Anda dapat menggunakan perintah size: <1MB.

Berikut ini adalah cara mencari file ukuran besar di Microsoft Windows dengan cepat menggunakan File Explorer.

Buka atau jalankan File Explorer terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) Windows + E untuk membuka File Explorer dengan lebih cepat.

Baca artikel

Kemudian, klik drive atau folder (1) dimana Anda ingin menemukan file ukuran besar atau pilih This PC jika Anda ingin menemukan di seluruh hard disk, kemudian ketik perintah, misalnya size:medium (2) di bilah pencarian atau search bar File Explorer dan kemudian klik tombol anak panah ke kanan (3) atau tekan tombol Enter.

Menemukan file ukuran besar di Windows dengan cepat

Sekarang, Anda dapat memperhatikan semua file yang masuk ukuran pencarian akan ditampilkan.

Menemukan file ukuran besar di Windows dengan cepat
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It