Ketika Anda berselancar dengan Google Chrome, semua riwayat penelusuran akan dicatat dan disimpan. Catatan riwayat penelusuran ini memudahkan Anda ketika ingin mengunjungi kembali halaman website yang sebelumnya telah dikunjungi bila telah lupa URL-nya. Namun salah satu kekurangannya adalah terkait privasi Anda. Siapapun menggunakan komputer yang sama dapat mengetahui halaman website yang Anda kunjungi.

Menghapus riwayat penelusuran dari peramban Google Chrome adalah cara baik untuk melindungi privasi Anda dari kemungkinan diketahui orang lain. Anda dapat menghapus sebagian atau seluruh riwayat penelusuran. Bila Anda telah masuk (sign in) ke Google Chrome menggunakan lebih dari satu perangkat atau komputer, perangkat atau komputer tersebut akan terpengaruh. Berikut ini adalah cara menghapus riwayat penelusuran di browser Google Chrome:

Baca artikel:

Jalankan peramban (browser) Google Chrome, klik tombol Customize and control Google Chrome (tombol dengan ikon tiga buah garis horisontal) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih atau klik Settings.

Menghapus riwayat penelusuran (searching history) di Google Chrome

Dari halaman Settings yang muncul, di bagian sebelah kiri, Anda dapat melihat kolom dengan pilihan History, Extensions, Settings dan About. Klik atau pilih tautan (link) History dan kemudian klik tombol Clear browsing data...

Menghapus riwayat penelusuran (searching history) di Google Chrome

Dari kotak dialog yang terbuka, Anda dapat menentukan terlebih dahulu bagian riwayat penelusuran yang ingin dihapus dengan memberi tanda centang, selanjutnya tentukan rantang waktu yang diinginkan dari kotak daftar drop-down dan kemudian klik tombol Clear browsing data untuk mulai menghapus.

Menghapus riwayat penelusuran (searching history) di Google Chrome

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It