Alasan menggunakan emulator Android

8 Alasan Menggunakan Emulator Android

Jumlah pengguna ponsel Android terus meningkat dari hari ke hari. Ini tidak terlepas dari inovasi tiada henti dari perangkat tersebut yang semakin cerdas dan canggih serta berbagai fitur Android untuk memenuhi bermacam keperluan. Orang tidak perlu lagi duduk di depan PC atau laptop hanya untuk berselancar di internet, berbelanja online, membuka akun sosial media atau untuk bermain game. Semua ini bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel.

Kelebihan ponsel dari Android adalah kemudahannya untuk dibawa. Anda dapat melakukan aktivitas online apapun dengan ponsel di manapun dan kapanpun. Anda dapat perhatikan, di transportasi umum, orang duduk memegang ponsel untuk membaca berita online, email masuk, chating dengan teman atau bermain game.

Di balik kelebihan tertentu pada ponsel Android, tentu ada kelemahan lain dimana PC atau laptop memiliki kelebihannya. Untuk hal tertentu dan pada saat tertentu pula, orang lebih memilih PC atau laptop dibanding dengan ponsel Android. Untuk bisa menggunakan Android di PC atau laptop, dapat digunakan software yang disebut emulator Android.

Dengan software emulator Android, game atau aplikasi Android lain dapat dibuka atau dijalankan di PC atau laptop. Ketersediaan emulator Android cukup lengkap untuk berbagai platform. Ada emulator Android untuk Windows, emulator Android untuk Mac dan juga emulator Android untuk distro Linux. Software emulator Android kini semakin populer dan banyak digunakan.

Ada alasan tertentu mengapa emulator Android lebih disukai jika dibandingkan dengan ponsel Android yang sebenarnya bisa melakukan semua hal. Berikut ini beberapa alasan memilih menggunakan emulator Android.

1. Menjalankan aplikasi Android di Windows, macOS atau Linux.

PC Windows hanya menjalankan aplikasi yang mendukung platform Windows. Apple macOS hanya menjalankan aplikasi yang mendukung platform macOS. Demikian juga dengan distro Linux, hanya menjalankan aplikasi yang mendukung platform Linux. Lalu, bagaimana bila Anda ingin menjalankan game atau aplikasi Android lain di Windows, macOS atau Linux? Dengan software emulator Android, Anda dapat menjalankan aplikasi Android apapun di PC Windows, Apple macOS atau Linux.

2. Layar lebih besar dan kontrol lebih baik.

Ponsel adalah perangkat portabel canggih dengan kemampuan yang terus ditingkatkan. Beberapa produsen ponsel bahkan memproduksi ponsel khusus untuk gaming yang memiliki spesifikasi hardware kelas atas. Namun tetap saja, meskipun ponsel dapat menjalankan game sangat baik, Anda dihadapkan dengan ukuran layar kecil dan pengontrol game yang terbatas.

Dengan memainkan game Android di PC atau laptop melalui emulator Android, Anda dapat menampilkan game di layar yang lebih besar dan memuaskan. Dengan memanfaatkan dukungan grafis PC atau laptop, setiap detail game dapat terlihat dengan jelas. Dengan emulator Android seperti NoxPlayer atau BlueStacks, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard, mouse, gamepad atau pengontrol lain untuk memainkan game dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Baca artikel:

3. Menghemat daya baterai ponsel.

Untuk maksud portabilitas, baterai ponsel dmemiliki desain yang kecil dan ringan namun juga tidak bisa bertahan lebih lama. Game adalah aplikasi yang membutuhkan sumber daya besar. Memainkan game di ponsel, dapat menguras daya baterai ponsel jauh lebih cepat. Memainkan gema Android d PC atau laptop membebaskan Anda dari keterbatasan daya tahan baterai dan dapat memainkan game jauh lebih lama.

Baca artikel:

4. Memperpanjang usia pakai ponsel.

Ponsel akan selalu memiliki ukuran kecil untuk mendukung portabilitas sehingga komponen pada ponsel disusun rapat dan padat. Game membutuhkan sumber daya dan kerja lebih, khususnya pada prosesor dan kartu grafis. Game cepat menghasilkan panas berlebihan yang dapat merusak komponen lain. Dengan memindahkan permainan game Android dari ponsel ke PC atau laptop, maka akan dapat memperpanjang usia pakai ponsel.

5. Dapat menyimpan banyak game dan aplikasi Android.

Google Play Store menyediakan begitu banyak game berbagai genre (aliran) dan aplikasi Android yang menarik, demikian pula banyak situs lainnya. Bila Anda penyuka game dari berbagai aliran, Anda mungkin akan mengunduh banyak sekali game. Ponsel khusus gaming sekalipun tetap memiliki ruang penyimpanan terbatas, namun PC atau laptop sudah pasti memiliki ruang penyimpanan yang jauh lebih besar.

6. Tidak memiliki ponsel kelas atas.

Tidak memiliki ponsel dengan spesifikasi kelas atas? Menjalankan game Android berat perlu ponsel dengan hardware mumpuni. Menjalankan game berat tidak cukup dengan ponsel standar, akan muncul masalah dan mungkin game tidak berjalan sama sekali karena hardware tidak mumpuni. Namun ini bukan masalah bila Anda menggunaan emulator Android dan menjalankan game di PC atau laptop.

7. Performa yang lebih bagus.

Ponsel keluaran baru khusus gaming sekalipun tidak lebih superior dalam hal performa bila dibandingkan dengan PC atau laptop yang dibeli beberapa tahun sebelumnya. Performa bermain game Android berat di PC atau laptop akan jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan ponsel kelas atas sekalipun. Game di PC atau laptop dapat dimainkan dengan lancar dan kencang.

8. Menjalankan beberapa aplikasi serentak dengan mudah.

Ponsel juga dapat menjalankan banyak aplikasi secara serentak, tetapi Anda tidak dapat mengakses semua sekaligus. Beberapa emulator Android seperti NoxPlayer atau MEmu Play memiliki fitur untuk menjalankan beberapa aplikasi secara serentak. MEmu Play bahkan juga bisa untuk menjalankan beberapa versi Android. Dengan layar besar, menonton video, membuka WhatsApp dan bermain game dapat dilakukan secara bersama.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It