Pernahkan teman kerja meminta data tertentu yang ada di tabel Excel yang Anda miliki? Di dalam dunia pekerjaan, berbagi data dengan teman kerja adalah hal cukup sering dilakukan. Data adalah sesuatu yang vital dan perlu kehati-hatian ketika ingin dibagikan agar tidak disalahgunakan. Bagikan hanya data yang memang diminta, jangan sertakan data lain atau data keseluruhan.

Membagikan data Microsoft Excel dalam bentuk file Excel adalah hal yang riskan karena data bisa dirubah. Oleh karena itu, untuk menjaga agar data asli tetap menjadi milik Anda, Anda dapat membagikan data yang diminta dalam format lain seperti dalam bentuk file gambar atau PDF. Dengan demikian, data menjadi sulit dirubah.

Artikel menarik lainnya:

Microsoft Excel memiliki fitur penyimpanan tabel dengan berbagai pilihan format, salah satunya adanya format file PDF. Menyimpan dalam format PDF akan menyimpan lembar kerja Excel sebagai file PDF. Lalu bagaimana cara menyimpan hanya bagian terseleksi dari tabel Excel ke format file PDF? Di Microsoft Excel, Anda dapat menyimpan hanya bagian terseleksi dari tabel Excel ke format file PDF dengan mudah. Berikut ini adalah caranya:

Jalankan aplikasi Microsoft Excel, buka tabel Excel dan kemudian blok atau seleksi bagian dari tabel Excel yang akan disimpan ke dalam format file PDF.

Menyimpan bagian terseleksi tabel Excel ke format file PDF

Klik menu File, di backstage Excel yang muncul, pilih Save As (1) dan kemudian pilih Browse (2).

Menyimpan bagian terseleksi tabel Excel ke format file PDF

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan folder penyimpanan (1), beri nama file yang akan disimpan (2), tertukan format penyimpanan file, pastikan format PDF (3) dan kemudian klik tombol Options... (4).

Menyimpan bagian terseleksi tabel Excel ke format file PDF

Di kotak dialog Options yang muncul, pilih tombol radio Selection (1) dan kemudian klik tombol OK (2). Anda akan kembali ke kotak dialog Save As dan selanjutnya klik tombol Save untuk menyimpan.

Menyimpan bagian terseleksi tabel Excel ke format file PDF

Berikut ini adalah bagian terseleksi dari tabel Excel yang telah disimpan ke dalam format file PDF dan kemudian dibuka di aplikasi Adobe Acrobat Reader DC.

Menyimpan bagian terseleksi tabel Excel ke format file PDF

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner