Pengguna lama Microsoft Windows tentu sudah mengenal Command Prompt, tool powerful yang sudah lama menjadi bagian Microsoft Windows. Command Prompt adalah aplikasi penterjemah baris perintah (command line interpreter), artinya untuk berinteraksi dengan komputer, Anda menggunakan perintah teks yang dikenali Command Prompt. Hapir semua operasi melalui antar muka grafis (GUI) Windows dapat dilakukan melalui Command Prompt.

Di Microsoft Windows 10, Command Prompt adalah salah satu aplikasi yang juga mendapatkan peningkatan fitur. Bila dilihat dari antar muka grafisnya, Command Prompt seakan tidak mengalami perubahan. Command Prompt masih menggunakan warna latar (background color) hitam dan warna teks putih. Warna default ini mungkin menjemukan untuk Anda yang sering menggunakan Command Prompt ketika berinteraksi dengan komputer.

Baca artikel Mengaktifkan Fitur Baru Command Prompt Di Windows 10

Tentu saja, Microsoft Windows memberi akses kepada pengguna untuk merubah atau menyesuikan warna latar dan teks Command Prompt sesuai dengan yang diinginkan. Selain merubah warna latar dan teks melalui Properties Command Prompt, Anda juga dapat merubah warna latar dan teks Command Prompt melalui command line dari Command Prompt itu sendiri. Berikut ini adalah caranya:

Baca artikel Merubah Warna Latar Dan Teks Command Prompt

Pastikan Anda telah menjalankan atau membuka Command Prompt. Di jendela Command Prompt yang muncul, ketikkan color /? (1) dan tekan tombol keyboard Enter untuk mengetahui berbagai hal terkait perintah color.

Merubah warna latar (background color) dan teks Command Prompt

Dari bantuan (help) untuk perintah color yang ditampilkan, perintah color memiliki atribut berupa dua digit hex (heksadesimal). Digit hex ini akan menentukan warna. Digit pertama menentukan warna latar (background color) dan digit kedua menentukan warna teks. Anda juga dapat melihat daftar warna yang diwakili digit hex dari 1 sampai F (2).

Untuk merubah Command Prompt agar memiliki warna latar kuning muda (light yellow) dan warna teks biru (blue), ketikkan perintah color E1 dan tekan tombol keyboard Enter. Seketika itu, warna Command Prompt berubah dengan latar kuning muda dan teks biru. Digit E mewakili warna kuning muda (light yellow) dan digit 1 mewakili warna biru (blue).

Merubah warna latar (background color) dan teks Command Prompt

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It