Akhir pekan (weekend) adalah istilah yang digunakan untuk mengacu ke akhir dari waktu satu minggu. Di Indonesia, akhir pekan dimaknai sebagai hari Sabtu dan Minggu. Untuk jam kerja normal, di luar shift, hari Sabtu dan Minggu adalah hari dimana kebanyakan orang tidak bekerja (libur kerja). Artikel kali ini tidak membahas lebih jauh tentang akhir pekan, namun hanya pengantar dalam menggunakan fungsi IF(), OR() dan WEEKDAY() di Microsoft Excel.

Tidak selamanya Anda cukup menggunakan satu fungsi untuk menyelesaikan masalah dengan Microsoft Excel. Seringkali Anda harus menggunakan kombinasi beberapa fungsi untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Contoh di artikel kali ini menggunakan kombinasi fungsi IF(), OR() dan WEEKDAY() untuk menentukan apakah tanggal yang diketahui termasuk akhir pekan atau bukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan aplikasi Microsoft Excel, buat tabel atau buka tabel yang sudah ada. Di sel D4, ketikkan rumus =IF(OR(WEEKDAY(B4)=7; WEEKDAY(B4)=1); "YA"; "BUKAN").

Menggunakan fungsi IF(), OR() dan WEEKDAY() untuk menentukan akhir pekan

Tekan tombol keyboard ENTER untuk mengakhiri. Sekarang Anda dapat melihat hasil penentuan akhir pekan menggunakan kombinasi fungsi IF(), OR() dan WEEKDAY() di sel tersebut.

Menggunakan fungsi IF(), OR() dan WEEKDAY() untuk menentukan akhir pekan

Untuk menentukan hasil lainya, cukup salin formula tersebut dengan menekan dan menarik handler (bujur sangkar kecil warna hitam yang terletak di bagian kanan bawah) dari sel D4 yang aktif sampai ke sel D11.

Menggunakan fungsi IF(), OR() dan WEEKDAY() untuk menentukan akhir pekan

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It