Cara Memeriksa hard disk apakah menggunakan tipe partisi MBR atau GPT

Hard disk atau disk drive adalah perangkat keras (hardware) penyimpanan utama pada PC atau laptop. Hard disk menjadi tempat dimana sistem operasi, program dan file disimpan. Sebelum menginstal sistim operasi seperti Microsoft Windows, hard disk perlu dipartisi terlebih dahulu. Dalam prosesnya, Anda akan diminta untuk menentukan apakah menggunakan tipe atau struktur partisi MBR atau GBT.

Tipe atau struktur partisi ini akan berkaitan dengan bagaimana data atau informasi disimpan pada partisi, di mana partisi dimulai dan berakhir dan kode yang digunakan untuk startup jika partisi adalah bootable. Secara default, MBR (Master Boot Record) akan dipilih, namun Anda dapat mengganti dengan memilih GPT (GUID Partition Table). MBR dan GPT mempunyai cara yang berbeda dalam menyimpan informasi partisi pada drive.

Baca artikel:

MBR adalah metoda lama namun masih menjadi opsi default di Windows 10 atau Windows Server 2012. Umumnya, MBR digunakan untuk sistem operasi dan hardware lama. GPT adalah standar baru dan memiliki lebih banyak fitur dan perlu sistem operasi yang lebih baru dan mungkin juga hardware baru. MBR hanya bekerja untuk ukuran disk sampai 2 TB dan mendukung sampai 4 partisi utama. GPT dapat bekerja untuk ukuran lebih besar dan hampir tidak ada batasan partisi.

Baca artikel:

Artikel kali ini tidak menjelaskan detail terkait dua tipe partisi MBR dan GPT, namun menunjukkan kepada Anda cara memeriksa apakah disk pada PC atau laptop Windows menggunakan tipe partisi MBR atau GPT. Di Windows, Anda dapat memeriksa apakah disk menggunakan tipe partisi MBR atau GPT melalui dua cara yaitu menggunakan Disk Management Tool dan perintah diskpart serta list disk. Berikut ini adalah caranya:

1. Menggunakan Disk Management Tool.

Tekan kombinasi tombol keyboard Windows + R untuk membuka atau menjalankan kotak dialog Windows Run, ketik diskmgmt.msc (1) dan kenudian klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara memeriksa hard disk menggunakan tipe partisi MBR atau GPT

Di jendela Disk Management yang muncul, klik kanan pada disk yang ingin diperiksa, misalnya Disk 0 (1), untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties (2).

Cara memeriksa hard disk menggunakan tipe partisi MBR atau GPT

Di kotak dialog properties dari nama disk yang muncul, klik tab Volumes (1) dan Anda dapat melihat tipe partisi disk yaitu MBR (2).

Cara memeriksa hard disk menggunakan tipe partisi MBR atau GPT

2. Menggunakan perintah diskpart dan list disk.

Buka atau jalankan Command Prompt sebagai Administrator, ketika diskpart (1) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Berikutnya, ketik list disk (2) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Daftar disk ditampilkan. Bila di kolom Gpt (3) ada karakter asterisk (*), maka tipe partisi disk tersebut adalah GPT, sebaliknya, bila tidak ada, maka tipe partisi disk tersebut adalah MBR. Karena di kolom Gpt tidak ada karakter asterisk, maka Disk 0 memiliki tipe partisi MBR.

Cara memeriksa hard disk menggunakan tipe partisi MBR atau GPT
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It