Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang menjadi bagian dari Office Suite Microsoft Office. Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang menyimpan data di dalam cell (sel) yaitu perpotongan antara baris dan kolom (grid). Data yang disimpan di sel Excel bisa berupa angka maupun teks. Data inilah yang kemudian diolah menggunakan formula dan fungsi atau perpaduan keduanya agar mempunyai nilai guna.

Selain kecanggihan untuk mengolah data, Excel juga memiliki fitur pembuatan bagan atau grafik (chart) berdasarkan data yang ada. Data yang diolah tidak harus disajikan dalam bentuk tabel lagi, tetapi bisa dalam bentuk grafik. Penyajian dalam bentuk grafik terkadang lebih disukai dan juga lebih mudah dipahami dibandingkan dalam bentuk tabel yang dianggap rumit dan detail.

Baca artikel menarik lainnya:

Grafik Excel tergolong canggih. Grafik Excel memiliki fitur atau pengaturan cukup lengkap untuk dilakukan penyesuaian. Anda dapat merubah tipe grafik atau melakukan pemformatan pada elemen grafik dan sebagainya dengan mudah. Grafik Excel juga dapat melakukan penyesuaian otomatis bila ada perubahan data. Di Excel, Anda juga dapat menyalin pemformatan sebuah grafik untuk digunakan di grafik lainnya.

Anda mungkin menyukai artikel ini:

Untuk kepetingan presentasi menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint, Anda mungkin telah menyiapkan beberapa grafik dari Excel. Anda mungkin telah melakukan banyak pemformatan pada salah satu grafik. Grafik tersebut nampak bagus untuk disertakan di slide presentasi PowerPoint. Anda menyukai hasil pemformatan tersebut, demikian juga Pimpinan dan rekan Anda. Mereka menginginkan grafik lainnya juga menggunakan pemformatan yang sama.

Baca artikel terkait grafik Excel: Cara Mengekstrak Atau Mengambil Grafik Di Excel Sebagai Gambar

Anda mungkin juga bisa lupa pemformatan apa saja yang telah dilakukan sehingga grafik menjadi bagus dan disukai. Merubah grafik lainnya agar memiliki pemformatan yang sama juga perlu waktu dan pastinya membosankan. Anda tidak perlu kawatir. Microsoft Excel memberi kemudahan. Anda dapat menyalin pemformatan sebuah grafik untuk digunakan di grafik lainnya untuk menyamakan pemformatan semua grafik Excel. Berikut ini adalah caranya:

Sebagai contoh artikel ini, telah disiapkan dua buah grafik Excel berasal dari data yang sama. Grafik mempunyai tipe sama namun dengan gaya berbeda. Pemformatan di grafik pertama (atas) akan disalin untuk digunakan di grafik ke dua (bawah) sehingga kedua grafik Excel memiliki pemformatan yang sama.

Cara menyamakan pemformatan dua atau lebih grafik di Excel

Buka aplikasi Microsoft Excel. Di contoh ini menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2016. Pastikan Anda berada di tab Home (1), klik tepat di garis tepi (border) grafik pertama untuk menyeleksi grafik tersebut (2), klik tombol Copy (3) dan kemudian pilih Copy (4).

Cara menyamakan pemformatan dua atau lebih grafik di Excel

Masih di tab Home (1), klik tepat di garis tepi (border) grafik ke dua untuk menyeleksi grafik (2) tersebut, klik tombol Paste (3) dan kemudian pilih tombol Paste Special... (4).

Cara menyamakan pemformatan dua atau lebih grafik di Excel

Di kotak dialog Paste Special yang muncul, pilih tombol radio berlabel Format (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Cara menyamakan pemformatan dua atau lebih grafik di Excel

Sekarang dapat diperhatikan bahwa kedua grafik Excel telah memiliki pemformatan yang sama.

Cara menyamakan pemformatan dua atau lebih grafik di Excel

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It