4 Cara Mengubah Nama Lembar Kerja (Worksheet) Di Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet untuk mengolah data menggunakan formula, fungsi dan makro VBA. Ketika memulai Microsoft Excel, Anda akan diberi buku kerja (workbook). Workbook Excel memiliki banyak lembar kerja (worksheet atau sheet). Secara default, Microsoft Excel 2016 dan versi sesudahnya hanya menampilkan satu worksheet, sedangkan Microsoft Excel 2013 dan versi sebelumnya menampilkan tiga worksheet.

Jumlah default lembar kerja (worksheet atau sheet) Microsoft Excel yang ditampilkan ini tidak tetap dan dapat diubah. Melalui pengaturan, Anda dapat mengubah jumlah lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel yang ditampilkan. Jika Anda bekerja dengan banyak data berbeda tetapi masih saling terkait, Anda dapat membagi ke dalam beberapa lembar kerja (worksheet atau sheet) masih di dalam satu workbook.

Baca artikel:

Bila Anda melihat ke bagian bawah area kerja Microsoft Excel 2019, ada sebuah lebar kerja dengan nama Sheet1. Sheet1 ini adalah lembar kerja pertama dan yang aktif saat ini. Bila Anda telah menambah jumlah lembar kerja atau telah mengubah jumlah lembar kerja yang ditampilkan di Microsoft Excel, Anda akan melihat lembar kerja lainnya dengan nama Sheet2, Sheet3, Sheet4 dan seterusnya.

Baca artikel Mencetak Hanya Area Terseleksi Lembar Kerja (Worksheet) Microsoft Excel

Secara default, Microsoft Excel memberi nama setiap lembar kerja yang ditampilkan dengan Sheet1, Sheet2, Sheet3 dan seterusnya. Apakah penamaan lembar kerja (worksheet atau sheet) demikian adalah deskriptif atau yang Anda inginkan? Tentu saja tidak. Microsoft Excel juga tidak memaksa Anda untuk menggunakan nama default Sheet1, Sheet2, Sheet3 dan seterusnya. Anda dapat mengubahnya.

Misalnya, Anda menangani data untuk beberapa proyek yang ada di beberapa kota di Jawa Timur. Masing masing data proyek dapat diletakkan di lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel berbeda. Untuk mempermudah akses ketika bekerja dengan data proyek untuk kota tertentu, Anda dapat mengubah nama lembar kerja (worksheet atau sheet) dengan nama kota tempat proyek berada.

Di Microsoft Excel, Anda dapat mengubah atau mengganti nama lembar kerja (worksheet atau sheet) dengan beberapa cara berbeda. Berikut ini adalah 4 cara mengubah atau mengganti nama lembar kerja (worksheet atau sheet) Microsoft Excel:

1. Melalui klik ganda (double click) nama sheet.

Untuk mengubah nama lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel, misalnya Sheet1, klik ganda (double click) nama Sheet1. Nama Sheet1 akan terseleksi. Ketika terseleksi, ketik nama baru untuk mengubah atau mengganti nama Sheet1, misalnya saja "KEDIRI".

Mengubah nama lembar kerja (worksheet atau sheet) Microsoft Excel

2. Melalui menu pintas.

Untuk mengubah nama lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel, misalnya Sheet2, klik kanan mouse tepat di nama Sheet2 untuk mengaktifkan Sheet2 dan sekaligus menampilkan menu pintas. Di menu pintas yang muncul, pilih Rename. Nama Sheet2 akan terseleksi. Ketika terseleksi, ketik nama baru untuk mengubah atau mengganti nama Sheet2, misalnya "MADIUN".

Mengubah nama lembar kerja (worksheet atau sheet) Microsoft Excel

3. Melalui pintasan keyboard.

Untuk mengubah nama lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel, misalnya Sheet3, klik Sheet3 terlebih dahulu untuk mengaktifkan, gunakan pintasan keyboard Alt + O + H + R dengan cara menekan semua key atau tombol keyboard satu per satu secara berurutan. Nama Sheet2 akan terseleksi. Ketika terseleksi, ketik nama baru untuk mengubah atau mengganti nama Sheet3, misalnya "JOMBANG".

4. Melalui tombol Format di ribbon.

Untuk mengubah nama lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel, misalnya Sheet4, pastikan Anda berada di tab Home, di kelompok Cells (1), klik tombol Format (2) dan dari menu drop-down yang muncul, klik Rename Sheet (3). Nama Sheet4 akan terseleksi. Ketika terseleksi, ketik nama baru untuk mengubah atau mengganti nama Sheet4, misalnya "NGANJUK".

Mengubah nama lembar kerja (worksheet atau sheet) Microsoft Excel

Kini Anda telah mengubah nama empat lembar kerja (worksheet atau sheet) Excel dari Sheet1, Sheet2, Sheet3 dan Sheet4 menjadi KEDIRI, MADIUN, JOMBANG dan NGANJUK seperti nampak pada gambar di bawah ini.

Mengubah nama lembar kerja (worksheet atau sheet) Microsoft Excel
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It