Ketika menjalankan aplikasi Microsoft Office Excel, Anda akan diberi buku kerja (workbook) yang di dalamnya terdapat banyak lembar kerja (worksheet). Secara standar, Microsoft Excel 2016 menampilkan hanya satu lembar kerja yaitu Sheet1, namun Anda dapat menambahkan lembar kerja berikutnya hanya dengan mengklik tombol plus (+) yang ada di samping kanan Sheet1. Sheet1, Sheet2 dan seterusnya akan nampak seperti tab-tab dengan tampilan sama.

Jika Anda bekerja dengan banyak lembar kerja (worksheet), mungkin ini akan sangat membantu bila setiap tab lembar kerja diberi warna berbeda. Anda bisa menuju ke lembar kerja tertentu dengan mengingat warna yang telah diberikan. Warna bisa memberikan tampilan workbook secara keseluruhan lebih menarik dan dapat sedikit menghilangkan kebosanan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan aplikasi Microsoft Excel. Di bagian bawah, Anda dapat melihat tab-tab lembar kerja (worksheet) dengan tampilan warna yang serupa (1). Anda dapat mengklik tombol plus (+) untuk menambahkan Sheet baru (2).

Memberi warna pada tab lembar kerja (sheet) Excel

Untuk memberi warna pada tab lembar kerja, klik kanan tepat di tab lembar kerja yang akan diberi warna, misalnya Sheet1 (1), dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Tab Color (2) dan kemudian tentukan warna untuk tab lembar kerja tersebut (3).

Memberi warna pada tab lembar kerja (sheet) Excel

Anda dapat memperhatikan kembali bahwa tab-tab lembar kerja (worksheet) yang telah diberi warna.

Memberi warna pada tab lembar kerja (sheet) Excel

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It