Salah satu perangkat keras (hardware) yang perlu dipertimbangkan ketika Anda membeli komputer adalah prosesor. Ada dua pabrikan prosesor yang terkenal dan mendominasi saat ini yaitu Intel dan AMD. Prosesor Intel lebih dominan digunakan dan Anda dapat menemukan di daftar spesifikasi dari banyak komputer yang dijual. Bila Anda membeli komputer saat ini, kemungkinan prosesor Intel yang tertanam di komputer adalah Intel Core (i3, i5, i7 atau i9).

Keluarga Prosesor Intel Core baru menggunakan skema alfanumerik (Alphanumeric scheme) berdasarkan generasi (generation), lini produk (product line), merek (brand) dan modifier, berbeda dengan keluarga Prosesor Intel Core lama yang menggunakan skema alfanumerik berbeda. Bila Anda memahami skema alfanumerik dari prosesor Intel Core baru, ini akan memudahkan Anda untuk menentukan prosesor yang lebih tepat.

Baca artikel Mengetahui Prosesor (CPU) 32-bit Atau 64-bit Di Windows

Angka yang semakin tinggi pada skema alfanumerik prosesor Intel Core, terutama untuk modifier dan generasi prosesor, menunjukkan semakin banyak fitur. Dari gambar di bawah ini, Anda dapat mengidenfikasi generasi prosesor Intel di komputer. Generasi prosesor pada skema alfanumerik adalah Gen Indicator yaitu digit pertama pada serangkaian empat angka. Semakin tinggi digit pada indikator generasi, akan semakin meningkat performanya.

Cara mengidentifikasi generasi prosesor Intel Core

Untuk mengidentifikasi generasi prosesor Intel Core yang ada di komputer, tekan kombinasi tombol keyboard Windows+R untuk membuka kotak dialog Run, ketik control panel dan klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter. Di jendela Control panel yang terbuka, navigasi ke System and Security - System. Di jendela System, di kelompok System, Anda dapat melihat prosesor yang digunakan.

Cara mengidentifikasi generasi prosesor Intel Core

Dari skema alfanumerik prosesor, dapat diidentifikasi bahwa prosesor Intel tersebut merupakan generasi ke-4, sedangkan U merupakan lini produk untuk Ultra-low power. Dengan cara yang sama, Anda dapat mengidentifikasi generasi prosesor Intel Core di komputer Anda.

Cara mengidentifikasi generasi prosesor Intel Core

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It