Mencetak halaman web tanpa iklan di browser Mozilla Firefox

2 Cara Mencetak Halaman Web Tanpa Iklan Di Browser Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah web browser dengan pengguna terbanyak kedua setelah Google Chrome. Browser dengan rendering engine Gecko ini termasuk berhasil dalam persaingan merebut pangsa pengguna browser. Browser Mozilla Firefox menjadi semakin baik setelah rilis update Firefox Quantum. Mozilla Firefox kini bisa menjadi browser alternatif selain Google Chrome.

Banyak pengguna Windows yang juga menginstal browser Mozilla Firefox berdampingan dengan browser Google Chrome. Bila Anda belum mempunyai dan ingin menginstal browser Mozilla Firefox, Anda dapat mengunjungi halaman unduhan browser Mozilla Firefox untuk mengunduh online installer. Alternatif lain, Anda juga dapat mengunduh (download) offline installer Browser Mozilla Firefox dan menginstalnya tanpa perlu koneksi internet lagi.

Sebagaimana browser Google Chrome, browser Mozilla Firefox juga memiliki banyak fitur bawaan dan ekstensi (add-on) menarik yang dapat diinstal sewaktu-waktu bila diperlukan. Beberapa fitur di browser Mozilla Firefox dapat digunakan untuk mencetak halaman web tanpa iklan atau elemen web lainnya seperti kolom komentar, sidebar, tombol sosial media dan gambar latar (background image).

Baca artikel Mencetak Halaman Web Tanpa Iklan Di Chrome, Firefox Dan Microsoft Edge

Seperti yang Anda telah ketahui bahwa sejak berkembangnya periklanan digital, blog atau website kini juga menampilkan iklan. Sebagian blogger atau pemilik website yang teropsesi mendapat penghasilan dari iklan digital akan memasang atau mengatur iklan sehingga muncul berlebihan. Hal ini menyebabkan iklan lebih dominan dibandingkan dengan konten yang seharusnya tidak demikian.

Baca artikel:

Bila Anda mencetak banyak halaman web yang terdapat banyak iklan, maka akan terjadi pemborosan tinta dan kertas cetak serta waktu untuk mencetak. Browser Mozilla Firefox memiliki fitur Reading View dan Print Preview yang dapat digunakan untuk mencetak halaman web tanpa iklan, kolom komentar, sidebar, tombol sosial media dan gambar latar sehingga dapat menghemat tinta, kertas dan juga waktu mencetak.

Berikut ini adalah dua cara mencetak halaman web tanpa iklan dan elemen web lainnya seperti kolom komentar, sidebar, tombol sosial media dan gambar latar di browser Mozilla Firefox menggunakan fitur Reader View dan Print Preview:

1. Menggunakan fitur Reader View.

Pada intinya, fitur Reader View di browser Mozilla Firefox adalah untuk mengurangi atau menghilangkan distorsi yang mengganggu saat Anda membaca conten di halaman website dengan menghilangkan kolom komentar, sidebar, tombol sosial media dan gambar latar sehingga akan membatu Anda untuk fokus pada kontennya saja.

Banyak browser modern juga memiliki fitur yang sama namun dengan nama berbeda. Di browser Google Chrome, fitur Reader View bernama Reader Mode dan di browser Microsoft Edge, fitur ini bernama Reading View. Di browser Microsoft Edge baru yaitu Microsoft Edge Chromium, fitur Reading View bernama Immersive Reader.

Untuk mencetak halaman web tanpa iklan dan element web lain dengan fitur Reader View di browser Mozilla Firefox, buka halaman web yang ingin dicetak, klik Toggle reader view (F9) dan kemudian gunakan pintasan keyboard Ctrl + P untuk mencetak.

Mencetak halaman web tanpa iklan dengan browser Mozilla Firefox

2. Menggunakan fitur Print Preview.

Banyak pengguna komputer Windows mengenal pintasan keyboard (keyboard shortcut) Ctrl + P yang digunakan untuk mengakses atau membuka jendela atau kotak dialog Print dari web browser. Dengan jendela atau kotak dialog Print yang terbuka, Anda dapat mulai mencetak halaman web ke bentuk hard copy (cetakan).

Selain fitur Print, browser Mozilla Firefox juga memiliki fitur Print Preview. Print Preview memiliki opsi lebih banyak dibangkan dengan fitur Print. Dengan Print Preview, Anda dapat melakukan setup halaman, mengubah penskalaan dan mengaktifkan Simplify page. Simplify page ini dapat digunakan untuk mencetak halaman web tanpa iklan dan elemen web lain seperti kolom komentar, sidebar, tombol sosial media dan juga gambar latar.

Fitur Print Preview (pratinjau cetak) dapat diakses melalui menu bar (bilah menu) browser Mozilla Firefox. Secara default, Mozilla Firefox tidak menampilkan atau menyembunyikan menu bar. Karena itu, untuk membuka halaman Print Preview, Anda perlu menampilkan menu bar browser Mozilla Firefox terlebih dahulu.

Buka halaman web yang ingin dicetak terlebih dahulu. Untuk menampilkan menu bar (bilah menu) dari browser Mozilla Firefox, tekan key atau tombol keyboard Alt dan menu bar seketika ditampilkan di bagian atas jendela browser.

Mencetak halaman web tanpa iklan dengan browser Mozilla Firefox

Untuk menampilkan Print Preview (pratinjau cetak) dari halaman web yang telah dibuka di browser Mozilla Firefox, klik menu File (1) dan kemudian pilih atau klik submenu Print Preview (2).

Mencetak halaman web tanpa iklan dengan browser Mozilla Firefox

Halaman web yang akan dicetak ditampilkan dalam pratinjau cetak (print preview). Untuk mencetak halaman web tanpa iklan dan elemen web lain, beri tanda centang di kotak centang (check box) Simplify page (1) dan gunakan kotak dialog Print dengan mengklik tombol Print (2) untuk mencetak halaman web sesuai tampilan dari pratinjau cetak.

Mencetak halaman web tanpa iklan dengan browser Mozilla Firefox
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It