Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi di paket Microsoft Office khusus untuk pengolahan data, baik angka maupun teks. Kekuatan utama pengolahan data di Excel terletak pada fungsi, formula dan makro. Selain pengolahan data, Excel juga memiliki fitur pemformatan lengkap untuk menampikan data sesuai keperluan dan keinginan. Data di Excel diletakkan dan ditampilkan di sel (cells) yaitu perpotongan antara baris dan kolom.

Pernahkah Anda terkejut ketika membuat tabel daftar peserta kursus, nomor telepon (handphone) peserta tidak dapat diinput dengan benar? Angka nol (0) di awal nommor telepon hilang saat Anda menekan tombol Enter. Anda mungkin masih penasaran dan mencoba kembali memasukkan data peserta berikutnya dan Anda tetap mendapati hal sama yaitu angka nol di awal nomor telepon hilang lagi saat menekan tombol Enter.

Baca artikel Menyembunyikan Nilai 0 (Zero) Di Sel Excel

Perlu dipahami bahwa Excel dapat menangani dua jenis angka yaitu angka sebenarnya yang dapat dihitung dan angka sebagai teks. Di angka sebenarnya, 020 dianggap sama dengan angka 20. Jadi 020-2 sama saja dengan 20-2 dan keduanya memberi hasil pengurangan sama yaitu 18. Di Excel, angka nol di awal angka sebenarnya dihilangkan otomatis. Lalu, bagaimana bila ingin menampilkan angka nol di awal ketika memasukkan nomor telepon, misalnya 081287344731 atau 0812-8734-4731 di sel Excel?

Baca artikel Membolehkan Pengetikan Garis Miring (Slash) Di Sel Excel

Di sini, peran pemformatan berlaku. Nomor telepon tidak digunakan dalam operasi aritmatika. Bila demikian, Anda dapat merubahnya menjadi angka teks. Angka teks tidak dapat digunakan dalam aritmatika, kecuali fungsi atau formula yang terkait penanganan teks. Ada beberapa cara untuk menampilkan angka nol (0) di awal (angka teks) pada sel Excel. Berikut ini adalah caranya:

1. Memulai dengan tanda petik (').

Cara paling mudah menampilkan angka nol (0) di awal pada sel Excel adalah memulai dengan tanda petik ('). Tanda petik akan mengkonversi secara otomatis apapun yang diketik selanjutnya sebagai teks. Saat pengetikan, tanda petik ini tetap nampak, namun ketika Anda menekan tombol Enter sebagai tanda selesainya memasukkan data di sel Excel, tanda petik akan hilang dan kemudian muncul tanda segitiga kecil hijau di sudut kiri atas sel tersebut.

Cara menampilkan angka nol (0) di awal pada Microsoft Excel

Tanda segitiga kecil hijau di sudut kiri atas sel adalah indikator kesalahan yang menunjukkan bahwa angka disimpan sebagai teks. Anda dapat menghilangkan tanda segitiga kecil hijau ini dengan cara mengklik kembali sel, kemudian klik icon information (1) dan selanjutnya pilih Ignore Error (2). Cara menampilkan angka nol di awal yang dimulai dengan tanda petik dianggap kurang praktis bila harus memasukkan banyak nomor telepon.

Cara menampilkan angka nol (0) di awal pada Microsoft Excel

2. Merubah format sel menjadi teks.

Cara berikutnya untuk menampilkan angka nol (0) di awal pada sel Excel adalah memformat terlebih dahulu sel untuk menampilkan sebagai teks apapun yang dimasukkan. Cara ini lebih dipilih bila Anda ingin memasukkan banyak nomor telepon. Karena nomor telepon pada tabel daftar peserta kursus biasanya diletakkan di kolom yang sama, memformat sel atau range (dua atau lebih sel) menjadi teks akan lebih mudah.

Baca artikel Mengkonversi Data Angka Menjadi Teks Di Excel

Untuk memformat sel menjadi teks di Excel, Anda dapat menggunakan opsi Text dari Format Cells. Anda perlu menyorot atau menyeleksi sel atau range terlebih dahulu. Bila Anda ingin memformat semua sel di kolom yang sama, Anda cukup mengklik header kolom untuk menyorot atau menyeleksi semua sel pada kolom tersebut. Kemudian klik kanan mouse di salah satu sel yang disorot untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Format Cells.

Cara menampilkan angka nol (0) di awal pada Microsoft Excel

Di kotak dialog Format Cells yang muncul, pastikan Anda berada di tab Number (1), kemudian pilih Text (2) dari daftar berlabel Category dan selanjutnya klik tombol OK (3). Kini, semua sel di kolom tersebut sudah diformat menjadi teks dan apapun yang Anda diketikkan dirubah menjadi teks. Sekarang, Anda dapat memasukkan nomor telepon tanpa perlu lagi memulai dengan tanda petik (').

Cara menampilkan angka nol (0) di awal pada Microsoft Excel

3. Memformat angka dengan opsi Custom di Format Cells.

Cara pertama dan kedua bisa digunakan bila nomor telepon belum dimasukkan. Bagaimana bila Anda sudah memasukkan banyak nomor telepon dan semua angka nol di awal hilang? Anda dapat menambahkan kembali angka nol di awal untuk semua nomor telepon dan langsung memformatnya menjadi teks. Anda dapat menggunakan opsi Custom dari Format Cells. Telebih dahulu sorot atau seleksi semua nomor telepon, klik kanan mouse untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Format Cells.

Cara menampilkan angka nol (0) di awal pada Microsoft Excel

Di kotak dialog Format Cells yang muncul, Pastikan Anda berada di tab Number (1) dan kemudian pilih Custom (2) dari daftar berlabel Category. Di kotak teks (text box) berlabel Type, ketikkan "0"# (3) dan kemudian klik tombol OK (4) untuk mengakhiri. Sekarang, Anda dapat melihat semua nomor telepon telah ditambah nol di awal dan sekaligus merubah semua nomor telepon tersebut sebagai teks.

Cara menampilkan angka nol (0) di awal pada Microsoft Excel
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It