Sekarang ini, biaya berlangganan layanan jaringan Wi-Fi untuk pribadi yang ditawarkan oleh Internet Service Provider (ISP) cukup terjangkau dan juga mudah didapat. Terlebih lagi, biasanya ada promo dengan diskon pembayaran untuk beberapa bulan pertama. Ketika Anda telah sepakat menggunakan layanan dari salah satu ISP, pemasangan router dan setup yang tidak memakan waktu lama akan dilakukan oleh teknisi. Hari itu juga, Anda bisa menggunakannya.

Banyak orang menggunakan layanan jaringan Wi-Fi pribadi di rumah. Bila Anda salah satunya, Anda bisa mengkoneksikan semua perangkat seperti laptop, tablet, handphone dan sebagainya ke jaringan Wi-Fi untuk mengakses internet. Anda sendiri tentu mengetahui berapa jumlah perangkat Anda yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi. Fitur pada router dapat memberitahu semua perangkat yang kerkoneksi ke jaringan Wi-Fi.

Baca artikel:

Anda terkadang perlu memeriksa perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi. Hal ini perlu, misalnya Anda merasa akhir-akhir ini kecepatan akses internet lambat. Anda mungkin curiga ada satu atau lebih perangkat lain yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi secara diam-diam dan menggunakan banyak bandwidth. Tergantung merek router, router Netgear mampu menampilkan nama-nama perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi, misalnya nama komputer.

Kebanyakan merek router lain hanya menampilkan MAC address sebagai identifikasi dari perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi. MAC address adalah nomor identifikasi unik untuk mengidentifikasi perangkat individu pada jaringan. MAC address adalah 12 digit angka hexadecimal (48 bits atau 6 bytes). MAC address melekat pada harware dan bersifat tetap meskipun Anda dimungkinkan untuk merubah MAC address dari sisi software.

Baca artikel Resiko Menggunakan Wi-Fi Publik Gratis

Berikut ini adalah cara mengetahui semua perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi menggunakan router ZTE F660 dari ISP MNC Play Media:

Buka web browser, ketik IP address default dari router ZTE yaitu http://192.168.1.1 dan kemudian tekan tombol Enter. Di jendela login yang muncul, di kotak teks Username (1) dan Password (2), ketik username dan password dan kemudian klik tombol Login (3) untuk masuk ke antarmuka web dari router ZTE. Bila Anda belum melakukan perubahan, default username dan password untuk router ZTE F660 adalah sama yaitu user.

Memeriksa semua perangkat yang terkoneksi ke Wi-Fi

Di jendela berikutnya yang muncul, klik link Network (1), kemudian link WLAN (2) dan selanjutnya link Assosiated Devices (3). Di area sebelah kanan, Anda dapat melihat semua perangkat (device) yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi Anda (4) saat ini.

Baca artikel Memblokir Perangkat Yang Terkoneksi Jaringan Wi-Fi

Memeriksa semua perangkat yang terkoneksi ke Wi-Fi
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It