Ketika sedang membuat dokumen teks dengan Microsoft word, Anda mungkin akan menambahkan atau menyisipkan file gambar atau grafik ke dalam dokumen. Gambar atau grafik yang mempunyai kaitan langsung dengan isi dokumen akan membantu untuk lebih memperjelas dan menguatkan isi dokumen. Dokumen Microsoft Word yang dihasilkan juga akan terkesan lebih profesional.

Untuk maksud ini, Anda tentu memilih gambar atau grafik dengan kualitas baik agar dokumen yang dihasilkan juga baik. Anda mungkin tidak menyadari bahwa semakin baik kualitas file gambar atau grafik, akan semakin besar pula ukuran file tersebut. Bila file gambar atau grafik yang demikian ini ditambahkan atau disisipkan ke dokumen Microsoft Word, ukuran dokumen juga menjadi semakin besar.

Artikel menarik lainnya:

Bila Anda ingin ukuran dokumen Microsoft Word tidak terlalu besar karena file gambar atau grafik, Anda perlu mengurangi ukuran file gambar atau grafik (dikompresi) sebelum ditambahkan atau disisipkan ke dalam dokumen. Ukuran dokumen Microsoft Word yang kecil akan memudahkan ketika dikirim melalui email sebagai file attachment dan juga menghemat ruang penyimpan ketika disimpan di disk drive atau cloud storage.

Anda bisa mengurangi ukuran file gambar atau grafik menggunakan aplikasi pengolah gambar (image editing app) seperti Adobe Photoshop atau CorrelDraw. Anda juga dapat mengkompresi file gambar atau grafik menggunakan tool online yang banyak tersedia gratis. Aplikasi image editing atau tool online dapat mengurangi ukuran file atau mengkompresi lebih maksimal dengan tetap menjaga kualitas gambar atau grafik.

Anda mungkin menyukai artikel ini:

Bila Anda tidak mempunyai aplikasi image editing atau akses ke internet untuk menggunakan tool online, Anda tidak perlu kawatir. Microsoft Word dan aplikasi Microsoft Office lainnya seperti Excel, PowerPoint dan Visio juga memiliki fitur image editing meskipun dengan kemampuan terbatas. Berikut ini adalah cara mengurangi ukuran file gambar langsung di Microsoft Word:

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan kemudian buka dokumen yang memiliki gambar atau grafik. Seleksi gambar yang ukuran file-nya akan dikurangi atau dikompresi (1) dan kemudian klik tab Format (2).

Cara mengurangi ukuran mengkompresi file gambar di Microsoft Office

Di area sebelah kiri dari tab Format, klik tombol Compress Pictures.

Cara mengurangi ukuran mengkompresi file gambar di Microsoft Office

Di kotak dialog Compress Picture, di bagian Compression options (1), Anda dapat memberi atau meniadakan tanda centang di kotak centang berlabel Apply only to this picture. Memberi tanda centang berarti hanya berlaku untuk gambar atau grafik yang diseleksi, meniadakan tanda centang berarti akan mengganti semua perubahan sebelumnya yang sudah dibuat untuk gambar individu lainnya di dokumen ini.

Di bagian Target output (2), Anda dapat menentukan opsi target keluaran dari mengurangi ukuran atau mengkompresi file gambar. Opsi yang aktif dan yang tidak aktif bisa berbeda tergantung dari kualitas gambar yang ditambahkan atau disisipkan ke dalam dokumen. Klik tombol OK (3) untuk mengurangi ukuran (mengkompresi) file gambar di dokumen Microsoft Word.

Cara mengurangi ukuran mengkompresi file gambar di Microsoft Office

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner