Membuat memformat teks tebal bold, miring italic dan digarisbawahi underline di Microsoft Word
Format Tebal, Miring Dan Garis Bawah

Pengguna produk perangkat lunak (software) Microsoft tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Word. Microsoft Word adalah salah satu komponen atau bagian dari Microsoft Office Suite yang di dalamnya juga terdapat aplikasi populer lainnya seperti Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint. Microsoft Word adalah aplikasi yang khusus untuk membuat dokumen berbasis teks (text-based document).

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) yang populer dan digunakan secara luas sampai saat ini. Sebagai aplikasi untuk membuat dokumen teks, Microsoft Word dilengkapi banyak fitur tingkat teks (text-level). Beberapa fitur yang cukup sering digunakan adalah Bold, Italic dan Underline. Fitur Bold digunakan untuk membuat teks tebal, Italic untuk teks miring dan Underline untuk teks yang digarisbawahi.

Baca artikel:

Ketika membuat dokumen teks dengan Microsoft Word, Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk memberi penekanan pada teks tertentu (kata, frase atau paragraf) dengan membuat atau memformat teks menjadi tebal, miring atau digarisbawahi. Teks dibuat tebal, miring atau digarisbawahi agar terlihat lebih menonjol dan untuk mendapat fokus atau perhatian lebih dari pembaca.

Baca artikel:

Penekanan pada teks dapat dilakukan dengan cara mengkombinasikan dua atau tiga sekaligus dari fitur tersebut. Misalnya, Anda dapat membuat atau memformat teks menjadi tebal atau miring atau digarisbawahi atau kombinasi tebal dan miring atau tebal dan digarisbawahi atau kombinasi dari ketiganya tebal, miring dan digarisbawahi atau kombinasi lainnya.

Baca artikel:

Di Microsoft Word, membuat atau memformat teks menjadi tebal, miring atau digarisbawahi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Karena fitur untuk teks tebal, miring dan digarisbawahi cukup sering digunakan, ketiganya dapat diakses dengan cepat melalui tombol di ribbon pada tab Home atau melalui pintasan keyboard (keyboard shortcut). Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kotak dialog Font.

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan kemudian buka dokumen yang teks (kata, frase atau paragraf) akan dibuat atau diformat menjadi tebal, miring atau digarisbawahi atau Anda dapat memulai dengan membuat dokumen teks baru. Untuk membuat atau memformat teks menjadi tebal, miring atau digarisbawahi, sorot atau seleksi terlebih dahulu teks tersebut.

Membuat memformat teks tebal bold, miring italic dan garis bawah underline di Microsoft Word

Pastikan Anda telah berada di tab Home (1), untuk membuat atau memformat teks menjadi tebal, klik tombol B (2) atau gunakan pintasan keyboard Ctrl+B, untuk teks miring, klik tombol I (3) atau gunakan pintasan keyboard Ctrl+I dan untuk teks yang digarisbawahi, klik tombol U (4) atau gunakan pintasan keyboard Ctrl+U.

Membuat memformat teks tebal bold, miring italic dan garis bawah underline di Microsoft Word

Selain tombol perintah di ribbon atau pintasan keyboard, Anda juga dapat membuat atau memformat teks menjadi tebal, miring atau digarisbawahi melalui kotak dialog Font. Sorot atau seleksi teks yang akan dibuat tebal, miring dan digarisbawahi, klik kanan mouse tepat di teks yang disorot atau diseleksi untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Font atau gunakan pintasan keyboard Ctrl+D untuk membuka kotak dialog Font.

Di kotak dialog Font (Font dialog box) yang terbuka, pastikan Anda berada di tab Font (1), kemudian Anda dapat mulai membuat atau memformat teks menjadi tebal (2), miring (3), tebal dan miring (4) atau digarisbawahi (5) dan kemudian klik tombol OK (6).

Membuat memformat teks tebal bold, miring italic dan garis bawah underline di Microsoft Word

Berikut ini adalah tampilan hasil dari teks yang telah dibuat atau diformat tebal (bold), miring (italic) dan digarisbawahi (underline) di Microsoft Word.

Membuat memformat teks tebal bold, miring italic dan garis bawah underline di Microsoft Word