Menu dalam sebuah website digunakan sebagai alat navigasi untuk mengarahkan pengunjung ke berbagai konten website. Menu memberikan kemudahan kepada pengunjung website untuk menemukan konten yang dicari. Hampir semua website yang ada saat ini memiliki menu navigasi. Untuk Anda yang sedang membuat website menggunakan CMS Joomla dan menginginkan tampilan website yang lebih menarik dengan hadirnya menu drop down, Anda dapat memilih salah satu cara berikut ini:

  • Membuat menu drop down sendiri dengan menggunakan skript HTML dan CSS.
  • Menggunakan template yang telah memiliki menu drop down build-in.
  • Menggunakan modul menu drop down untuk template yang tidak mendukung menu drop down.

Tutorial kali ini menunjukkan kepada Anda cara membuat menu drop down di website Joomla menggunakan ekstensi berupa modul menu drop down. Bila Anda menggunakan template bawaan Joomla, perlu diketahui bahwa template bawaan tidak mendukung menu drop down. Menu drop down dapat dihasilkan salah satunya dengan memasang modul menu drop down, misalnya modul ARI Ext Menu yang dapat diunduh gratis di sini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat menu drop down di template Protostar menggunakan modul ARI Ext Menu.

Membuat menu drop down di Joomla

Buat atau rancang terlebih dahulu menu dan submenu yang akan direncanakan. Sebagai contoh, berikut ini adalah hirarki sebuah parent menu Aplikasi dengan tiga submenu yaitu Microsoft Office, OpenOffice dan CMS yang terletak di modul Main Menu. Submenu Microsoft Office memiliki dua submenu yaitu Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Membuat menu drop down di Joomla

Unduh (download) terlebih dahulu modul ARI Ext Menu melalui link di atas kemuidian unggah (upload) dan pasang (install) modul ARI Ext Menu melalui menu Extensions > Manage. Pastikan Anda berada di tab Install dan di area sebelah kanan pastikan juga Anda berada di tab Upload Package File.

Membuat menu drop down di Joomla

Klik menu Extensions > Modules, cari modul bernama Main Menu dan kemudian nonaktifkan (unpublish) dengan mengklik tanda centang hijau di kolom Status. Hal ini dimaksudkan agar modul Main Menu tidak muncul dan akan ditampilkan secara drop-down melalui modul ARI Ext Menu. Setelah modul Main Menu dinonaktifkan, cari modul ARI Ext Menu yang telah dipasang (install) sebelumnya dan kemudian klik. Pastikan Anda berada di tab Module. Di bagian Position, tempatkan module ARI Ext Menu di posisi Navigation [position-1] untuk template protostar.

Membuat menu drop down di Joomla

Di bagian Status, pilih Published dari kotak drop-down berlabel Status.

Membuat menu drop down di Joomla

Pindah ke tab Menu Assignment dan kemudian pilih On all pages dari kotak drop-down berlabel Module Assignment.

Membuat menu drop down di Joomla

Buka kembali website Anda atau segarkan lagi (refresh) apabila laman masih terbuka. Sekarang website Anda sudah memiliki menu drop-down dengan bantuan modul ARI Ext Menu.

Membuat menu drop down di Joomla

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner