Menggunakan Format Painter Untuk Menyalin Format Teks Atau Obyek Di Microsoft Word

Ketika membuat dokumen di Microsoft Word, Anda terkadang perlu untuk mengedit dan memberi sentuhan akhir pada dokumen. Di sini, Anda dapat melakukan pemformatan pada bagian tertentu dokumen. Di dalam sebuah dokumen, mungkin ada satu atau lebih bagian yang perlu diformat, misalnya judul, sub judul, shape atau teks tertentu.

Pemformatan bertujuan untuk menjadikan dokumen lebih menarik dan layak. Ketika memformat, biasanya ada bagian dari dokumen yang perlu diformat sama, misalnya sub judul, shape atau teks tententu. Melakukan pemformatan dengan tepat dapat membuat bagian yang diformat lebih menonjol dan efektif dalam menyampaikan informasi yang relevan.

Baca artikel:

Dalam memformat, Anda tidak perlu melakukan pemformatan yang sama berkali-kali. Microsoft Word dan aplikasi lain seperti Excel, PowerPoint dan Outlook telah menyediakan fitur Format Painter untuk menyalin format dari teks atau obyek dan menerapkan format yang sama pada teks atau obyek yang lain.

Baca artikel:

Sebagai contoh, dokumen Microsoft Word memiliki banyak sub judul atau shape yang ingin diformat sama. Anda cukup memformat hanya satu sub judul atau shape terlebih dahulu, kemudian menggunakan fitur Format Painter untuk menyalin format dari sub judul atau shape tersebut dan selanjutnya menerapkan format yang sama pada sub judul atau shape lain.

Fitur Format Painter berguna dan membantu ketika Anda ingin menerapkan format yang sama. Fitur Format Painter dapat menghemat waktu Anda dalam memformat. Berikut ini adalah cara menggunakan fitur Format Painter di Microsoft Word. Cara sama atau sedikit berbeda juga dapat digunakan di Excel, PowerPoint atau Outlook.

1. Format Painter pada teks.

Klik kata atau sorot atau seleksi teks yang telah diformat, pastikan tab Home sudah aktif (1), di kelompok Clipboard (2), klik satu kali tombol Format Painter (3) untuk menyalin format yang ada pada kata atau teks yang telah disorot atau diseleksi tersebut. Pointer mouse nantinya akan berubah menjadi ikon kuas.

Cara menggunakan Format Painter untuk menyalin format pada teks atau obyek

Untuk menerapkan format yang sama pada kata, klik langsung pada kata tersebut. Bila ingin menerapkan pada frasa, kalimat atau paragraf, sorot atau seleksi frasa, kalimat atau paragraf tersebut.

Klik satu kali pada tombol Format Painter hanya boleh menerapkan format yang sama satu kali. Bila Anda ingin menerapkan format yang sama pada banyak kata, frasa, kalimat atau paragraf, Anda perlu klik ganda (double click) tombol Format Painter untuk menguncinya. Jika Anda telah selesai melakukan pemformatan, klik kembali tombol Format Painter atau tekan tombol keyboard Esc.

2. Format Painter pada obyek.

Bisa saja, ketika membuat dokumen Microsoft Word, Anda juga menyisipkan obyek seperti Shape atau WordArt. Sebagaimana pada teks, Anda juga dapat menyalin format yang ada pada Shape atau WordArt dan kemudian menerapkan format yang sama pada Shape atau WordArt lain.

Klik satu kali tombol Format Painter untuk menyalin format dan menerapkan format yang sama pada satu obyek. Klik ganda (double click) tombol Format Painter untuk menyalin format dan menerapkan format yang sama pada banyak obyek. Bila pemformatan pada banyak obyek selesai, klik kembali tombol Format Painter atau tekan tombol keyboard Esc.

3. Pintasan keyboard Untuk Format Painter.

Menyalin format dengan Format Painter dan menerapkan format yang sama pada teks atau obyek juga bisa dilakukan dengan pintasan keyboard (keyboard shortcut). Di sini akan berlaku bila Anda menyalin format teks atau obyek dengan pintasan keyboard, Anda juga menerapkan format yang sama pada teks atau obyek lain dengan pintasan keyboard.

Untuk menyalin format teks atau obyek, gunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + C dan untuk menerapkan format yang sama pada teks atau obyek yang lain, gunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + V.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It