Mengelompokkan Gambar, Foto, Grafik, Shape Dan Obyek Lain Di Microsoft Word

Microsoft word adalah salah satu aplikasi yang ada di Microsoft Office Suite. Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata (word processor) untuk membuat, mengedit, memformat dan mencetak dokumen berbasis teks. Microsoft Word sangat populer dengan pengguna terbanyak meskipun ada aplikasi alternatif serupa seperti OpenOffice Writer atau LibreOffice Writer yang gratis.

Ketika membuat dokumen panjang dengan Microsoft Word, seperti pembuatan laporan, Anda mungkin akan menambahkan obyek lain seperti gambar, foto, grafik, shapes dan sebagainya sebagai pelengkap atau pendukung. Microsoft Word versi terbaru memiliki fitur lengkap yang telah ditingkatkan untuk mengelola obyek yang ditambahkan dengan lebih mudah.

Baca artikel:

Setiap foto, gambar, grafik, shapes dan obyek lain yang ditambahkan ke dokumen berdiri sendiri. Memutar, membalik, memindahkan atau mengubah ukuran perlu dilakukan per obyek. Bagaimana bila Anda menambahkan beberapa obyek shape ke dokumen dan telah menyusunnya sedemikian rupa, kemudian Anda ingin menggeser obyek tersebut lebih ke atas, kanan, bawah atau kiri, Anda perlu melakukan satu-persatu.

Memindahkan obyek di Microsoft Word satu-persatu bukan hal sulit. Anda dapat menyusun kembali dengan presisi akurat dan cepat dengan bantuan gridlines di dokumen Microsoft Word. Namun, cara yang demikian akan membutuhkan waktu lebih lama untuk selesai. Sebenarnya, Microsoft Word memiliki fitur Group yang menjadikan pekerjaan Anda lebih mudah.

Dengan fitur Group, Anda dapat mengelompokkan obyek-obyek di dokumen Microsoft Word menjadi satu kesatuan seolah-olah semua obyek adalah sebuah obyek tunggal. Ketika Anda memutar, membalik, memindahkan atau mengubah ukuran, semua obyek yang ada di dalam kelompok akan terpengaruh, termasuk juga ketika dilakukan pemformatan.

1. Mengelompokkan (group) beberapa obyek.

Untuk mengelompokkan beberapa obyek seperti gambar, foto, grafik, shapes dan yang lain di Microsoft Word, Anda perlu menyeleksi atau memilih obyek yang ingin dikelompokkan. Tekan tombol keyboard Shift atau Ctrl dan kemudian klik di setiap obyek yang ingin di dikelompokkan. Klik kanan mouse tepat di salah satu obyek yang diseleksi, dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Group (1) dan kemudian pilih Group kembali (2).

Cara mengelompokkan (group) gambar (images), bentuk (shapes) dan obyek lain di Microsoft Word

2. Memperbesar atau memperkecil obyek di dalam kelompok.

Anda dapat memperbesar atau memperkecil obyek di dalam kelompok bersama-sama. Ketika salah satu obyek di dalam kelompok diseleksi, ada garis persegi yang mengelilingi keseluruhan obyek dan bulatan kecil (handles) di setiap sisi dan sudutnya. Anda dapat melakukan drag salah satu handle untuk memperbesar atau memperkecil ukuran. Untuk mendapatkan ukuran presisi, tekan tombol keyboard Shift saat melakukan drag pada handle.

Cara mengelompokkan (group) gambar (images), bentuk (shapes) dan obyek lain di Microsoft Word

3. Memformat obyek di dalam kelompok.

Anda juga dapat memformat obyek yang ada di dalam kelompok. Performatan berlaku untuk semua obyek di dalam kelompok tersebut. Untuk memformat obyek, klik kanan mouse di salah satu obyek, dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Format Object.... Garis persegi yang mengelilingi obyek di dalam kelompok dan handles di setiap sisi dan sudutnya juga ditampilkan.

Cara mengelompokkan (group) gambar (images), bentuk (shapes) dan obyek lain di Microsoft Word

4. Memisahkan (ungroup) obyek-obyek.

Membiarkan obyek tetap dalam kelompon akan memudahkan. Namun terkadang, Anda perlu memisahkan obyek-obyek tersebut kembali, misalnya ketika ingin memformat, mengubah ukuran atau memindahkan posisi obyek tertentu saja. Untuk memisahkan (ungroup) obyek yang telah dikelompokkan, klik salah satu obyek, dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Group (1) dan kemudian Ungroup (2).

Cara mengelompokkan (group) gambar (images), bentuk (shapes) dan obyek lain di Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It