Kompresi gambar adalah proses memperkecil ukuran file gambar tanpa menghilangkan kualitas gambar tersebut. Gambar perlu dikompresi untuk beberapa alasan misalnya ketika ingin menyertakan ke artikel blog agar halaman blog tetap dapat dimuat cepat, untuk menghemat ruang penyimpanan yang terbatas seperti flash drive, agar bisa disertakan ke dalam email sebagai file attachment karena adanya batasan ukuran maksimal dan lain sebagainya.

Sebagai seorang blogger, Anda tentu sering melakukan kompresi gambar yang akan digunakan di artikel blog. Melakukan kompresi gambar adalah salah satu cara dalam optimasi gambar blog untuk SEO agar gambar blog tidak memberatkan dan halaman web tetap dapat dimuat cepat. Gambar hasil kompresi memiliki ukuran (dalam bit) file gambar yang lebih kecil. Umumnya, format file gambar yang dikompresi adalah JPEG, PNG dan GIF.

Baca artikel Kompresi File Gambar Langsung Di Microsoft Word

Aplikasi image editing seperti Adobe Photoshop dapat digunakan untuk kompresi gambar. Namun, harga aplikasi ini relatif mahal untuk ukuran blogger. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan layanan atau tool online gratis untuk optimasi (kompresi) gambar. Beberapa layanan (tool) online hanya melakukan kompresi gambar untuk format tertentu saja. Anda tinggal menentukan layanan atau tool online mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya, ada cukup banyak layanan atau tool online gratis untuk optimasi (kompresi) gambar. Berikut ini adalah beberapa (7) layanan atau tool online gratis terbaik untuk optimasi atau kompresi file gambar:

1. Tiny PNG.

Layanan (tool) online gratis terbaik untuk optimasi (kompresi) gambar JPEG NPG GIF

Layanan atau tool online Tiny PNG sudah lama ada dan juga menjadi yang paling populer diantara tool lain. Ini adalah tool online yang selalu saya gunakan untuk kompresi gambar yang ingin saya sertakan ke dalam artikel blog. Tiny PNG melayani kompresi gambar JPEG dan PNG. Anda dapat mengunggah sampai 20 gambar dengan ukuran setiap gambar tidak lebih dari 5 MB. Anda dapat mengunduh hasil kompresi ke komputer atau menyimpannya di cloud storage gratis Dropbox.

2. JPEG Optimizer.

Layanan (tool) online gratis terbaik untuk optimasi (kompresi) gambar JPEG NPG GIF

JPEG Optimizer adalah layanan atau tool online untuk kompresi dan sekaligus merubah ukuran gambar. Sebagaimana namanya, tool online ini hanya digunakan untuk kompresi gambar JPEG saja. Anda dapat mengatur level kompresi antara 0 - 99 yang nantinya akan menentukan ukuran dan kualitas hasil kompresi. Level kompresi default 65 sebenarnya sudah cukup untuk kebanyakan hasil kompresi gambar.

3. Kraken.io.

Layanan (tool) online gratis terbaik untuk optimasi (kompresi) gambar JPEG NPG GIF

Kraken.io adalah tool online untuk optimasi atau kompresi gambar yang luar biasa. Kraken.io membolehkan Anda mengunggah (upload) file gambar dalam format JPEG, PNG dan GIF secara massal dan kemudian dikompresi untuk ukuran file minimal. Anda dapat mengunduh (download) hasil kompresi satu-persatu atau secara keseluruhan dalam format zip. Kraken.io juga membolehkan Anda mengekspor file ke cloud storage DropBox atau mengimpor file dari cloud storage Box, Dropbox dan Google Drive.

4. ImageRecycle.

Layanan (tool) online gratis terbaik untuk optimasi (kompresi) gambar JPEG NPG GIF

ImageRecycle adalah tool online untuk kompresi gambar JPEG, PNG, GIF dan PDF. Anda dapat menggunakan teknik drag and drop gambar untuk meletakkan gambar ke website ImageRecycle untuk dilakukan kompresi. Anda memiliki masa uji coba gratis 15 hari dengan batasan maksimal sampai 100 MB. Anda juga dapat menggunakan ImageRecycle untuk menganalisa website dan mendapatkan laporan terkait gambar yang perlu dioptimasi atau dikompresi.

5. Compressor.io.

Layanan (tool) online gratis terbaik untuk optimasi (kompresi) gambar JPEG NPG GIF

Compressor.io adalah tool online yang bisa digunakan untuk kompresi gambar JPG, PNG, GIV dan SVG. Compressor.io tidak mendukung unggahan (upload) file massal. Anda perlu mengunggah file satu persatu. Compressor.io memiliki kemampuan kompresi gambar sampai 90% dan bahkan bisa lebih. Compressor.io menjamin Anda tidak kehilangan kualitas gambar dan akan mendapatkan tingkat kompresi maksimal untuk mengurangi ukuran file.

6. Optimizilla.

Layanan (tool) online gratis terbaik untuk optimasi (kompresi) gambar JPEG NPG GIF

Anda dapat menggunakan layanan atau tool online Optimizilla untuk melakukan kompresi gambar JPEG dan PNG. Anda dapat mengunggah (upload) sampai 20 gambar untuk dikompresi dengan Optimizilla. Optimizilla memiliki slider yang menunjukkan gambar sebelum dan sesudah kompresi sehingga Anda dapat menentukan hasil kompresi yang sesuai keinginan. Tingkat kompresi juga dapat diatur untuk setiap gambar secara terpisah.

7. Online Image Optimizer.

Layanan (tool) online gratis terbaik untuk optimasi (kompresi) gambar JPEG NPG GIF

Online Image Optimizer memberi Anda kemudahan untuk melakukan kompresi gambar JPG, PNG, GIF dan animated GIF. Selain kompresi, Anda juga dapat mengkonversi dari sebuah format gambar ke format gambar lainnya. Online Image Optimizer hanya membolehkan Anda untuk mengunggah (upload) satu file gambar untuk dikompresi dan ukuran file maksimum adalah 2.8 MB.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It