Dokumen Microsoft Word tidak sepenuhnya hanya berupa teks saja. Bila Anda membuat laporan ke Pimpinan, Anda mungkin perlu menyertakan tabel untuk mendukung laporan tersebut. Anda bisa saja mengimpor tabel dari Microsoft Excel. Namun bila ini terkait tabel yang sederhana, Anda dapat membuatnya langsung di Microsoft Word melalui fitur insert Table.

Saat Anda membuat tabel di dokumen Word, secara default, tabel akan memenuhi lebar halaman dokumen Word meskipun hanya satu kolom. Namun demikian, Anda tentu juga akan melakukan penyesuaian lebar setiap kolom tabel agar serasi dengan data yang terdapat di dalamnya. Pada akhirnya, lebar tabel menjadi tidak sepenuhnya satu halaman lagi karena adanya penyesuaian lebar kolom.

Artikel menarik lainnya:

Ketika tabel tidak lagi memenuhi lebar halaman dokumen Word, Anda dapat mengatur tabel agar rata kiri, tengah atau kanan. Horizontal alignment pada tabel atau penyelarasan tabel secara horisontal di dokumen Word cukup mudah. Klik kanan mouse tepat di tabel untuk menampilkan menu pintas (shortcut menu) dan kemudian pilih Table Properties...

Mengatur agar tabel rata kiri, tengah atau kanan di dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Table Properties yang muncul, pastikan tab Table telah aktif (1), di bagian Alignment, tentukan apakah tabel rata kiri, tengah atau kanan (2). Pengaturan lain yang dianggap perlu adalah Text wrapping (3). Bila tabel yang dibuat kecil, pilih Around agar teks terlihat mengelilingi tabel. Klik tombol Positioning... (4) untuk mengatur posisi vertikal relatif tabel dan jarak tabel dari teks yang mengelilingi dan selanjutnya klik tombol OK bila telah selesai (5).

Mengatur agar tabel rata kiri, tengah atau kanan di dokumen Microsoft Word

Berikut ini adalah tampilan tabel di dokumen Microsoft Word dengan pengaturan rata kiri (left) untuk alignment dan Around untuk text wrapping.

Mengatur agar tabel rata kiri, tengah atau kanan di dokumen Microsoft Word

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It