Cara Menonaktifkan Plugin Di Browser Google Chrome

Apa itu plugin di browser? Secara sederhana, plugin dapat didefinisikan sebagai program kecil yang terintegrasi ke dalam browser untuk memproses konten web khusus seperti konten Flash, PDF, Java atau Silverlight. Browser secara otomatis akan mengintegrasikan plugin yang ditemukan di sistem sebagai fitur tambahan. Plugin umumnya dikembangkan oleh pihak ketiga (third-party).

Plugin dapat memperlambat kerja browser bila ada cukup banyak plugin yang diinstal serta memberikan celah keamanan pada browser bila plugin tersebut tidak diperbarui atau tidak up-to-date. Jika Anda merasa bahwa kerja browser melambat dan diketahui bahwa plugin adalah penyebabnya, Anda dapat mencoba mengatasi dengan cara menonaktifkan plugin tersebut.

Baca artikel:

Google Chrome menyembunyikan plugin dari akses yang lebih mudah oleh siapapun. Untuk mengakses semua plugin, Anda perlu mengakses halaman tersembunyi Google Chrome. Anda dapat mengetik chrome://plugins di omnibox (address bar) Google Chrome untuk menampilkan semua plugin yang terintegrasi dengan Google Chrome. Berikut ini adalah cara menonaktifkan plugin di browser Google Chrome:

Untuk menampilkan semua plugin di browser Google Chrome, ketik chrome://plugins di omnibox (address bar) Google Chrome dan selanjutnya tekan tombol keyboard Enter.

Menonaktifkan plugin di browser Google Chrome

Semua plugin yang ada di browser Google Chrome ditampilkan. Di contoh ini, Anda dapat melihat bahwa Google Chrome memiliki 5 plugin yang semuanya aktif. Plugin aktif ditandai dengan warna latar putih. Untuk melihat ditail dari semua plugin, klik tautan Detail dengan tanda plus (+) yang ada di sudut kanan atas.

Menonaktifkan plugin di browser Google Chrome

Tampilan ditail memperlihatkan rincian terkait dengan masing-masing plugin seperti nama, keterangan, versi, lokasi (direktori), tipe dan lain sebagainya. Untuk kembali ke tampilan ringkas, klik tautan Detail dengan tanda minus (-) yang ada di sudut kanan atas.

Menonaktifkan plugin di browser Google Chrome

Untuk menonaktifkan sebuah plugin di Google Chrome, klik tautan disable dari plugin tersebut. Plugin yang tidak aktif, ditandai dengan warna latar abu-abu (di contoh ini, plugin Chrome PDF Viewer (2 files) dinonaktifkan). 

Menonaktifkan plugin di browser Google Chrome
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It