Garis horizontal otomatis dari karakter tertentu

3 Cara Membatalkan, Menghapus Atau Mencegah Garis Horizontal Otomatis Di Microsoft Word

Saat sedang membuat dokumen di Microsoft Word, Anda mungkin pernah bingung ketika mengetik karakter tertentu seperti hypen, equal sign, underline, asterisk dan kemudian menekan tombol Enter tiba tiba berubah menjadi garis horizontal. Microsoft Word memiliki fitur AutoFormat untuk membuat garis horizontal otomatis dari karakter tertentu tersebut. Secara default, fitur membuat garis horizontal otomatis di Microsoft Word diaktifkan.

Misalnya, ketika Anda mengetik minimal tiga karakter hyphen (---) dan menekan tombol Enter, Microsoft Word mengubahnya menjadi garis horizontal tunggal. Ketika Anda mengetik minimal tiga karakter equal sign (===) dan menekan tombol Enter, Microsoft Word mengubahnya menjadi garis horizontal ganda. Ini juga berlaku untuk underline atau garis bawah (___), karakter asterisks (***), karakter number sign (###) dan tilde (~~~).

Fitur ini membantu ketika Anda memang ingin membuat garis horizontal otomatis dengan salah satu karakter tersebut. Namun, bagaimana bila Anda ingin mengetik karakter yang sebenarnya dan Microsoft Word mengubahnya menjadi garis horizontal? Tentu ini yang tidak Anda harapkan. Untungnya, Anda bisa membatalkan, menghapus atau mencegah Microsoft Word mengubah karakter tertentu tersebut menjadi garis horizontal. Berikut ini adalah caranya:

1. Membatalkan garis horizontal otomatis.

Ketika Anda telah selesai mengetik, misalnya karakter hyphen dan menekan tombol Enter, Microsoft Word langsung mengubah karakter hyphen menjadi garis horizontal tunggal. Anda dapat segera membatalkan perubahan ke garis horizontal menggunakan pintasan keyboard Ctrl+Z. Garis horizontal tunggal akan berubah kembali menjadi karakter hyphen.

2. Menghapus garis horizontal otomatis.

Alternatif lainnya adalah dengan cara menghapus garis horizontal otomatis tersebut. Anda dapat menghapus garis horizontal otomatis saat itu juga atau dapat menghapusnya nanti. Untuk menghapus garis horizontal otomatis ini, letakkan kursor tepat di atas garis horizontal, pastikan Anda berada di tab Home, di bagian Paragraph, klik anak panah dari tombol Borders (1) dan pilih No border (2).

Membatalkan, menghapus atau mencegah garis horizontal otomatis di Microsoft Word

3. Mencegah garis horizontal otomatis.

Jika Anda tidak ingin sering kali membatalkan atau menghapus garis horizontal otomatis, Anda dapat mencegah Microsoft Word mengubah karakter tertentu yang Anda ketik menjadi garis horizontal otomatis. Untuk mencegah perubahan, pastikan Anda berada di tab File dan dari backstage screen Microsoft Word yang muncul, klik atau pilih Options.

Membatalkan, menghapus, atau mencegah garis horizontal otomatis di Microsoft Word

Di kotak dialog Word Options yang muncul, klik tab Proofing (1) dan kemudian klik tombol AutoCorrect Options... (2).

Membatalkan, menghapus, atau mencegah garis horizontal otomatis di Microsoft Word

Di kotak dialog AutoCorrect yang muncul, klik tab AutoFormat As You Type (1), di bagian Apply as you type, hilangkan tanda centang dari kotak centang (check box) Border lines (2) dan kemudian klik tombol OK (3) untuk menyimpan perubahan.

Membatalkan, menghapus, atau mencegah garis horizontal otomatis di Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It