Pengguna Windows mungkin tahu bahwa Windows memiliki fitur bawaan untuk mengkompres (zip) dan mengekstrak (unzip) file. Dengan fitur ini, sebenarnya tidak diperlukan lagi software pengarsip lainnya. Namun banyak pengguna Windows tetap menggunakan software lain, khususnya 7-Zip untuk mengkompres dan mengekstrak file. 7-Zip adalah software untuk mengkompres satu atau lebih file ke dalam file tunggal yang disebut file arsip atau file zip.

7-zip adalah software gratis dan open source. Anda dapat memilih berbagai format kompresi dan ekstraksi yang didukung seperti 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP dan WIM. 7-Zip memiliki beberapa keunggulan. 7-Zip mampu mengkompres file ke format 7z 30-70% lebih baik dibangdingkan format zip. 7-Zip juga mampu mengkompres file ke format zip 2-10% lebih baik dari software zip lainnya.

Ini beberapa alasan pengguna Windows tetap menggunakan 7-Zip untuk mengkompres file guna mengurangi ukuran file. 7-Zip sangat mudah digunakan baik melalui antar muka grafis sederhana yang tersedia maupun melalui menu pintas (shortcut menus). Berikut ini cara mengkompres (zip) dan mengekstrak (unzip) file dengan 7-Zip:

Baca artikel terkait:

Mengkompres (zip) file.

Untuk mengkompres file menggunakan 7-Zip, seleksi atau sorot file-file yang akan dikompres. Klik kanan mouse tepat di file yang diseleksi untuk menampilkan menu pintas (shortcut menu), pilih 7-Zip (1) dan kemudian pilih Add to "ag file.zip" (2). Nama file terkompresi (zip) sama dengan nama folder tempat file yang dikompres.

Cara mengkompres (zip) dan mengekstrak (unzip) dengan 7-Zip

Opsi lainnya yang tersedia adalah Compress and email... dan Compress to "ag file.zip and email. Dengan opsi Compress and email..., file terkompresi dapat diberi nama lain serta password dan kemudian menambahkannya ke email default sebagai file attachment, sedangkan opsi Compress to "ag file.zip and email akan membuat file zip bernama ag file dan menambahkannya ke email default sebagai file attachment.

Mengekstrak file zip.

Untuk mengekstrak file terkompresi berekstensi .zip, klik kanan mouse pada file zip, dari daftar menu pintas yang muncul, pilih 7-Zip (1) dan kemudian pilih Extract to "ag file\" (2) atau opsi lainnya. Pilihan Extract to "ag file\" ini akan membuat folder baru bernama ag file di folder aktif saat ini dan mengekstrak semua file ke folder tersebut.

Cara mengkompres (zip) dan mengekstrak (unzip) dengan 7-Zip

Opsi lainnya yang tersedia adalah Extract here yang akan mengekstrak semua file ke folder aktif saat ini, kemudian Extract File... yang membolehkan Anda menentukan folder destinasi atau Open archive yang membolehkan Anda melihat semua file di dalam arsip tanpa perlu mengekstrak file.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It