Bagaimana seandainya Anda diberi tabel data yang cukup banyak dengan ukuran huruf kecil baik dalam bentuk cetak atau file yang dibuka di komputer? Anda kemudian diminta untuk memeriksa semua data apakah sudah cocok dan benar adanya. Ini tentu menjadi kesulitan tersendiri melihat deretan data baik secara baris maupun kolom bila disajikan secara apa adanya. Alangkah baiknya bila tabel data tersebut diformat dengan diberi warna tertentu pada baris secara bergantian. Ini tentunya dapat mempermudah Anda membaca data di tabel tersebut.

Microsoft Excel memiliki fitur untuk maksud tersebut yaitu pemformatan bersyarat (conditional formatting). Pemformatan bersyarat tidak hanya digunakan untuk memformat sel (cell) atau range (gabungan beberapa sel), tetapi juga data yang terdapat di tiap-tiap sel. Berikut ini adalah contoh penggunaan fitur pemformatan bersyarat untuk memberi warna tertentu pada baris secara bergantian.

Buat tabel data atau buka file yang akan diformat.

 

Blok atau sorot range (kumpulan sel) dari A3 - C11.

 

Pastikan Anda berada di tab Home. Klik anak panah kecil yang mengarah ke bawah dari ikon Conditional Formatting yang ada di grup (kelompok) Styles, lalu pilih dan klik New Rule....

 

Kota dialok New Formatting Rule muncul. Klik Use a formula to determine which cells to format dan formula =MOD(ROW(),2)=1 di kotak teks Edit the Rule Description.

Klik tombol Format... untuk menampilkan kotak dialok Format Cells. Pilih tab Fill, pilih dan klik warna sesuai keinginan untuk memberi warna baris secara bergantion.

Klik tombol OK untuk kembali ke kotak dialok sebelumnya dan klik tombol OK sekali lagi.

Hasil pemformatan akan memberi warna pada baris tabel secara bergantian.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner