5 Cara Membuat Garis Horizontal Atau Underline Di Microsoft Word

Ketika sedang membuat dokumen Microsoft Word, terkadang Anda perlu menambahkan garis horizontal atau garis bawah (underline). Apakah Anda ingin memberi garis bawah pada judul dokumen, sub judul, frasa, kata atau sebagai garis pemisah untuk menandai topik bahasan yang berbeda. Microsoft Word menyediakan banyak cara untuk membuat garis horizontal atau garis bawah.

Setiap cara berbeda dalam membuat garis horizontal bisa menghasilkan garis horizontal yang berbeda pula. Garis horizontal mungkin hanya akan sepanjang teks yang disorot atau diseleksi, garis horizontal bisa juga merentang penuh dari kiri ke kanan selebar dokumen atau garis horizontal memiliki panjang sesuai dengan yang Anda inginkan atau kehendaki.

Baca artikel:

Dari cara yang berbeda dan menghasilkan garis horizontal atau garis bawah berbeda, Anda kemudian dapat menentukan cara mana yang perlu digunakan untuk menghasilkan garis horisontal atau garis bawah yang Anda inginkan. Berikut ini adalah 5 cara berbeda untuk membuat garis horizontal atau garis bawah (underline) di Microsoft Word:

Baca artikel:

1. Menggunakan karakter tertentu + tombol Enter.

Microsoft Word memiliki fitur AutoFormat untuk membuat garis horizontal otomatis dari karakter tertentu. Secara default, fitur untuk membuat garis horizontal otomatis ini telah aktif. Karakter tertentu yang dimaksud adalah hyphen (---), equal sign (===), underline atau garis bawah (___), asterisks (***), number sign (###) dan tildes (~~~).

Baca artikel 3 Cara Membatalkan, Menghapus Atau Mencegah Garis Horizontal Otomatis Di Microsoft Word

Cara membuatnya cukup mudah. Anda cukup mengetik minimal tiga karakter dari karakter tertentu yang ingin digunakan dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Sebagai contoh, ketik tiga karakter hyphen (---) dan kemudian tekan tombol Enter untuk membuat garis horizontal tunggal secara otomatis.

2. Menggunakan pintasan keyboard.

Untuk membuat garis horizontal atau garis bawah (underline) pada teks, Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) Ctrl + U. Sorot atau seleksi teks yang ingin diberi garis horizontal atau garis bawah dan kemudian tekan tombol keyboard Ctrl + U secara bersama-sama.

3. Menggunakan tombol Underline.

Selain pintasan keyboard Ctrl + U, Anda dapat membuat garis horizontal atau garis bawah melalui tombol Underline di ribbon Microsoft Word. Secara default, pintasan keyboard Ctrl + U hanya membuat garis horizontal atau garis bawah tunggal. Bila Anda menggunakan tombol Underline di ribbon, Anda dapat memilih gaya (style) untuk garis horizontal atau garis bawah yang ingin digunakan.

Sorot atau seleksi teks yang ingin diberi garis horizontal atau garis bawah, pastikan tab Home yang aktif (1), di kelompok Font, klik anak panah yang ada pada tombol Underline (2) dan kemudian pilih gaya (style) garis horizontal atau garis bawah yang diinginkan (3).

Membuat garis horizontal atau garis bawah (underline) di Microsoft Word

4. Menggunakan tombol Bottom Border.

Tombol Bottom Border akan membuat garis horizontal atau garis bawah yang merentang dari kiri ke kanan selebar dokumen Microsoft Word meskipun Anda hanya menyorot atau menyeleksi teks yang pendek.

Untuk membuat garis horizontal atau garis bawah dengan tombol Bottom Border, pastikan tab Home aktif, di kelompok Paragraph (1), klik anak panah pada tombol Border (2) dan kemudian pilih Bottom Border (3).

Membuat garis horizontal atau garis bawah (underline) di Microsoft Word

5. Melalui shape Line.

Cara lain membuat garis horizontal atau garis bawah adalah dengan menggunakan shape Line. Anda tidak perlu menyorot atau menyeleksi teks yang akan diberi garis horizontal atau garis bawah. Pastikan tab Insert yang aktif (1), di kelompok illustrations, klik tombol Shapes (2) dan di kelompok Lines, klik tombol Line (3).

Membuat garis horizontal atau garis bawah (underline) di Microsoft Word

Untuk menggambar garis horizontal atau garis bawah dengan shape Line, klik di titik garis dimulai, kemudian drag (tekan dan seret) sepanjang teks untuk membuat garis horizontal atau garis bawah.

Membuat garis horizontal atau garis bawah (underline) di Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It