Hyperlink adalah teks (kata atau frase) atau image yang ketika diklik akan mengarah ke sumber lain seperti halaman website, dokumen atau bagian tertentu dari dokumen yang sama. Link merupakan bagian penting dari world wide web (www). Dengan link, Anda dapat berpindah dari satu halaman website ke halaman website lainnya. Link memberikan kemudahan menavigasi antar halaman web.

Link tidak hanya untuk world wide web. Anda juga dapat membuat link di dokumen yang tidak di internet, misalnya dokumen Microsoft Word. Ada bisa menjadikan teks atau gambar di dokumen Microsoft Word sebagai link yang mengarah ke sumber lain. Artikel kali ini akan menjelaskan cara menambahkan hyperlink (link) ke gambar di dokumen Microsoft Word. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Baca artikel Membuat Hyperlink Di Microsoft Word Yang Mengarah Ke Halaman Sebuah Website

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan buka dokumen yang memiliki gambar. Bila belum ada gambar, Anda dapat menyisipkan satu atau lebih gambar ke dokumen tersebut. Untuk menyisipkan gambar di Microsoft Word 2016, klik tab Insert, klik tombol Pictures dan di kotak dialog Insert Picture yang muncul, Anda dapat menentukan gambar yang akan disisipkan ke dokumen Microsoft Word.

Untuk menambahkan hyperlink ke gambar, seleksi gambar dengan mengklik gambar tersebut (1), klik tab Insert (2) dan kemudian klik Hyperlink (3) yang ada di kelompok Links.

Cara menambahkan hyperlink (link) ke gambar di Microsoft Word

Di kotak dialog Insert Hyperlink yang muncul, ketikkan alamat website atau web address (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Cara menambahkan hyperlink (link) ke gambar di Microsoft Word

Klik di area kosong dokumen Microsoft Word dan kemudian arahkan kembali pointer mouse ke gambar. Tooltip muncul yang menampilkan alamat website dan cara membuka link yang tersimpan di gambar yaitu dengan menekan tombol keyboard CTRL dan kemudian mengklik gambar tersebut.

Cara menambahkan hyperlink (link) ke gambar di Microsoft Word

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It