Memperbaiki port USB bermasalah tidak bekerja di Windows 10

Setiap PC atau laptop sudah pasti mempunyai beberapa port USB (Universal Serial Bus). Pernahkan Anda mengalami masalah tidak bisa menggunakan port USB yang manapun. Mungkin saja masalah ini terjadi setelah Anda melakukan upgrade ke Windows 10 atau setelah Anda selesai menginstal update Windows 10. Bisa juga masalah berasal dari perangkat USB (USB devices) yang Anda sedang digunakan.

Bila Anda merasa bahwa perangkat USB dalam kondisi baik dan bisa digunakan pada port USB di komputer lain, kemungkinan masalah bisa pada driver. Sangat mungkin ketika selesai melakukan upgrade atau update Windows, beberapa perangkat berhenti berfungsi. Melalui beberapa pemeriksaan dan update, masalah yang muncul seperti port USB yang tidak bekerja bisa diperbaiki.

Baca artikel Mengidentifikasi Port USB 3.0 Di Laptop

Ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan dan update yang bisa dicoba untuk memperbaiki port USB yang tidak bekerja. Dengan mencoba satu demi satu solusi di bawah ini, mungkin salah satunya dapat memperbaiki masalah tersebut.

Baca artikel:

1. Memeriksa Power Supply.

Sebagian dari Anda tentu bingung mengapa power supply (catu daya) perlu diperiksa. Power supply berfungsi menyediakan daya untuk PC atau laptop. Daya power supply ini juga digunakan oleh port USB. Memastikan bahwa port USB mendapat daya adalah cara yang baik memulai menyelesaikan masalah yang terjadi.

Untuk memastikan ini bukan terkait masalah daya port USB, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Cabut power supply dari laptop Anda.
  • Restart laptop Anda.
  • Hubungkan USB ke laptop Anda.
  • Masukkan kembali power supply ke laptop sambil memeriksa apakah USB bekerja

2. Pengaturan Power Management USB.

Power Management USB memiliki pengaturan untuk mematikan (turn off) USB untuk menghemat daya. Anda perlu memeriksa power management untuk memastikan bahwa ini tidak terkait dengan pengaturan yang salah.

Buka kotak dialog Run menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows+R. Di kotak dialog Run yang terbuka, ketik devmgmt.msc dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter. Di jendela Device Manager yang muncul, gulung ke bawah dan klik ganda pada Universal Serial Bus controllers (1) dan kemudian klik ganda USB Root Hub (2). Klik USB Root Hub pertama bila ada lebih dari satu yang sama.

Cara memperbaiki port USB yang tidak bekerja di Windows

Di kotak dialog USB Root Hub Properties yang muncul, pastikan Anda telah berada di tab Power Management (1), hilangkan tanda centang dari kotak centang (check box) Allow the computer to turn off this device to save power (2) dan kemudian klik tombol OK (3). Restart komputer Anda dan pastikan bahwa port USB sudah bekerja.

Cara memperbaiki port USB yang tidak bekerja di Windows

3. Cabut baterai dan semua yang terkoneksi ke port USB.

Cara ini juga dapat dicoba untuk memperbaiki port USB yang tidak bekerja atau yang bermasalah. Anda dapat mengikuti langkahnya sebagai berikut:

  • Copot semua perangkat yang terkoneksi ke port USB.
  • Matikan laptop atau komputer Anda.
  • Lepas baterai bila Anda menggunakan laptop.
  • Tunggu sampai 3 menit.
  • Pasang baterai jika Anda menggunakan laptop dan kemudian nyalakan laptop atau komputer Anda.
  • Masukkan perangkat USB dan pastikan apakah sudah bekerja.

4. Mematikan (turn off) fast start-up.

Mematikan fitur fast start-up terkadang dapat menyelesaikan masalah port USB yang tidak bekerja. Ketika fast startup diaktifkan, perangkat kemungkinan tidak cukup waktu dipersiapkan dengan baik sehingga tidak berfungsi.

Buka kotak dialog Run menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows+R. Di kotak dialog Run yang terbuka, ketik powercfg.cpl dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter. Di jendela Power Options yang muncul, klik link Choose what the power buttons do.

Cara memperbaiki port USB yang tidak bekerja di Windows

Di jendela System Settings yang muncul berikutnya, klik tautan (link) Change settings that are currently unavailable.

Cara memperbaiki port USB yang tidak bekerja di Windows

Masih di jendela System Settings, hilangkan tanda centang dari kotak centang (check box) Turn on fast strat-up (recomended) (1) dan kemudian klik tombol Save change (2).

Cara memperbaiki port USB yang tidak bekerja di Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It