Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata (word processor) untuk membuat berbagai jenis dokumen. Microsoft Word sudah lama digunakan oleh banyak orang sehingga mereka sangat mengenal user interface (GUI) yang dimiliki. Inilah yang menjadikan pengguna enggan untuk beralih menggunakan aplikasi lainnya. Salah satu fitur penting yang sudah lama ada di Microsoft Word adalah kemampuan memproteksi dokumen dengan password.

Tida semua dokumen yang dibuat dengan Microsoft Word adalah dokumen biasanya. Terkadang, Anda membuat dokumen rahasia yang berisi informasi sensitif yang khusus ditujukan untuk orang tertentu saja. Untuk dokumen yang berisi informasi sensitif, Anda dapat memproteksinya dengan menambahkan password (kata sandi). Password ini digunakan untuk membuka dokumen. Hanya orang yang mengetahui password yang dapat membuka dokumen tersebut.

Baca artikel lainnya:

Ada beberapa cara menambahkan password (kata sandi) yang nantinya digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Word. Anda dapat menambahkan password melalui kotak dialog Save As (baca artikel Memproteksi Dokumen Microsoft Word Dengan Password) atau melalui backstage screen. Artikel kali ini adalah tentang menambahkan password pembuka dokumen Microsoft Word melalui backstage screen. Berikut ini adalah caranya:

Baca artikel: Cara Melihat Atau Mengetahui Password WiFi Yang Tersimpan Di Windows 10

Jalankan aplikasi Microsoft Word, klik tab File, di backstage screen yang muncul, pastikan Anda di tab Info (1), klik tombol Protect Document (2) dan kemudian pilih Encrypt with Password (3).

Cara menambahkan password (kata sandi) pembuka dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Encrypt Document yang muncul, masukkan password (1) yang nantinya digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Word dan kemudian klik tombol OK (2).

Cara menambahkan password (kata sandi) pembuka dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Confirm Password yang muncul, masukkan kembali password yang sama dengan password sebelumnya (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Cara menambahkan password (kata sandi) pembuka dokumen Microsoft Word

Sekarang Anda dapat melihat bagian Protect Document menampilkan warna latar kuning dan pesan bahwa password diperlukan untuk membuka dokumen Microsoft Word ini.

Cara menambahkan password (kata sandi) pembuka dokumen Microsoft Word

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It