Cara Memformat Numbering Berbeda Dari Teks Lain Di Microsoft Word

Microsoft Word memiliki fitur pemformatan yang sangat lengkap, beberapa diantaranya adalah fitur Bullet dan Numbering. Bullet dan Numbering digunakan untuk membuat atau menambahkan penomoran otomatis pada daftar (list) item atau urutan pada prosedur atau proses penting. Bullet akan menambahkan penomoran otomatis dengan bullet atau simbol, sedangkan Numbering dengan angka atau huruf.

Bila Anda menggunakan Microsoft Word 2007 atau versi yang lebih baru, jenis font default yang digunakan adalah Calibri (body). Apapun teks yang Anda ketik akan menggunakan jenis font ini. Bila Anda menambahkan penomoran otomatis dengan Numbering, maka angka atau huruf untuk penomoran otomatis juga akan menggunakan jenis font Calibri (Body).

Baca artikel:

Dengan demikian, angka atau huruf untuk penomoran otomatis, teks daftar item, urutan prosedur atau proses semua menggunakan jenis font sama yaitu Calibri (Body). Seringkali, orang lain atau Anda sendiri ingin memformat Numbering sehingga akan berbeda dari teks lainnya, misalnya memiliki warna, ukuran dan jenis font berbeda, dicetak miring, tebal, garis bawah dan lain sebagainya.

Baca artikel:

Tujuan Anda memformat Numbering atau penomoran otomatis dengan angka atau huruf pada daftar item, urutan prosedur atau proses adalah agar berbeda atau lebih menonjol dari teks lain. Di Microsoft Word, Anda dapat memformat Numbering dengan cara yang demikian. Berikut ini adalah cara memformat Numbering di Microsoft Word:

Buka atau jalankan aplikasi Microsoft Word, buat daftar item, urutan prosedur atau proses atau apapun yang Anda inginkan dan kemudian beri pemformatan dengan Numbering seperti gambar di bawah ini.

Cara memformat numbering berbeda dari teks di Microsoft Word

Sorot atau seleksi terlebih dahulu salah satu angka atau huruf hasil pemformatan dengan Numbering (penomoran otomatis dengan angka atau huruf), misalnya angka 3. Untuk menyorot atau menyeleksi, Anda cukup klik pada angka 3 sehingga semua angka menjadi tersorot atau terseleksi.

Cara memformat numbering berbeda dari teks di Microsoft Word

Di tab Home (1), lakukan pemformatan, misalnya dengan mengubah jenis font (2) dan ukuran font (3), mencetak tebal atau Bold (4), mencetak miring atau Italic (5), memberi garis bawah atau Underline (6) dan mengubah warna font (7).

Cara memformat numbering berbeda dari teks di Microsoft Word

Hasil akhir pemformatan angka atau hufuf hasil penomoron atomatis dengan Numbering seperti pada gambar di bawah ini.

Cara memformat numbering berbeda dari teks di Microsoft Word

Jika penomoran otomatis (Numbering) menggunakan huruf kapital atau huruf besar, hasil akhir pemformatan seperti gambar di bawah ini.

Cara memformat numbering berbeda dari teks di Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It