Pengguna Microsoft Windows lama tentu sudah mengenal Command Prompt. Command Prompt adalah aplikasi penterjemah baris perintah, artinya untuk berinteraksi dengan komputer, Anda menuliskan perintah (berupa teks) yang dikenali oleh Command Prompt. Command Prompt adalah perkakas (tool) paling powerfull yang ada di Windows. Command Prompt adalah tool Windows yang meniru MS-DOS.

Hampir semua operasi yang dilakukan melalui antar muka grafis (GUI) Windows, dapat dilakukan melalui baris perintah Command Prompt. Anda dapat menyalin, memindahkan, mengganti nama atau menghapus file dan folder atau membuat folder yang sulit dihapus. Command Prompt dapat melakukan operasi jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan antar muka grafis Windows.

Artikel terkait Command Prompt:

Bagaimana Anda biasa membuka laman web (web page) favorit? Anda menjalankan atau membuka web browser terlebih dahulu, mengetikkan alamat atau URL laman web yang dibuka di address bar dan kemudian menekan tombol Enter. Ini cara yang biasa dilakukan melalui antar muka grafis. Pengguna Windows tingkat lanjut sering memakai Command Prompt untuk mengeksekusi banyak perintah sekaligus melalui batch file.

Baca artikel Cara Membuka Microsoft Edge Melalui Kotak Dialog Run Dan Command Prompt

Saat Anda sedang menggunakan Command Prompt, Anda pun bisa membuka laman web favorit tanpa perlu membuka web browser terlebih dahulu. Ini adalah cara lain membuka laman web. Anda dapat membuka laman web melalui baris perintah di Command Prompt. Anda menggunakan perintah start untuk membuka laman web. Sebagai contoh, jalankan atau buka jendela Command Prompt, ketikkan start https://www.topikit.com/ dan tekan tombol Enter untuk membuka home page topikit di web browser default.

Artikel terkait membuka laman web:

Membuka laman web (web page) melalui baris perintah Command Prompt

Bila Anda menginstal beberapa web browser di komputer Windows, salah satu web browser akan menjadi web browser default yaitu web browser yang secara otomatis akan dijalankan atau dibuka. Microsoft Windows 10 mengatur Microsoft Edge sebagai web browser default, namun Anda bisa merubahnya. Berikut ini tampilan home page topikit yang dibuka di web browser default Google Chrome.

Baca artikel Cara Merubah Browser Default Di Microsoft Windows

Membuka laman web (web page) melalui baris perintah Command Prompt

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It