Mengenal Raspberry Pi, komputer papan tunggal

Mengenal Raspberry Pi, Komputer Papan Tunggal Seukuran Kartu Kredit

Boleh dikatakan bahwa Raspberry Pi di Indonesia belum begitu populer atau belum begitu dikenal. Bila berbicara sebuah komputer, yang terbayang adalah PC atau laptop khususnya platform Windows dan bahkan sedikit yang membanyangkan komputer Mac. Raspberry Pi sebenarnya termasuk juga komputer. Namun, komputer yang bagaimana dan mengapa masih begitu asing untuk orang Indonesia?

Raspberry Pi atau yang disingkat Raspi adalah komputer papan tunggal berukuran kecil, hanya sebesar kartu kredit, yang dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation, sebuah badan amal pendidikan di Inggris yang bertujuan untuk memajukan pendidikan anak-anak dan orang dewasa, khususnya di bidang ilmu komputer dan mata pelajaran terkait di sekolah dan di negara berkembang.

Mengenal Raspberry Pi, komputer papan tunggal

Melalui Raspberry Pi, badan amal pendidikan ini berkomitmen untuk memberikan kekuatan komputasi dan digital ke tangan semua orang di seluruh dunia dengan cara menyedikan komputer yang berbiaya rendah namun memiliki kinerja tinggi yang bisa digunakan untuk belajar, menyelesaikan berbagai persoalan dan juga hiburan. Dengan Raspberry Pi, akan semakin banyak orang dapat mengakses komputer.

Semua komponen di Raspberry Pi yang diperlukan sebagai sebuah komputer berada dalam satu papan tunggal. Raspberry Pi menggunakan teknik yang disebut System on Chip (SoC) yang mengintegrasikan Central Processing Unit (CPU), Graphic Processing Unit (GPU) dan RAM dalam satu sirkuit, dengan port USB, port HDMI, output video audio dan komponen lain disolder ke papan sebagai paket all-in-one.

Bila Anda menghargai teknologi, setidaknya memiliki satu Raspberry Pi sebagai komputer sekunder untuk email atau browsing internet. Terkait kecepatan, Raspberry Pi terbaru sekalipun, Raspberry Pi 4, tidak lebih cepat dari komputer kelas bawah (low-end). Namun, kegembiraan menggunakan Raspberry Pi adalah ketika menggunakannya untuk berbagai proyek Pi seperti web server, security system, multimedia center, robotik dan sebagainya.

Tentu saja, ketika Anda membeli Raspberry Pi, tidak akan ada periferal yang menyertainya. Untuk memfungsikan Raspberry Pi sebagai komputer mini, Anda perlu monitor, mouse, keyboard dan juga power supply layaknya sebuah PC. Raspberry Pi tidak memiliki storage onboard, namun memiliki slot MicroSD sebagai tempat untuk menyimpan sistem operasi dan file.

Raspberry Pi Model B merupakan generasi pertama yang dirilis pada Februari 2012, diikuti Model A yang lebih sederhana dan murah. Rilis Raspberry Pi berikutnya dikembangkan dalam model A dan B. Kedua model tersebut juga memiliki edisi revisi dengan design yang telah ditingkatkan dan dikenal dengan Model A+ dan B+. Model baru berikutnya yang juga dirilis adalah Raspberry Pi Zero tipe W dan WH yang dikhususkan untuk perangkat IoT.

Beberapa Model Raspberry Pi

Model Rilis Port USB CPU RAM Bluetooth WiFi
Raspberry Pi 1 B Februari 2012 2x USB 2.0 700MHz 512MB Tidak Tidak
Raspberry Pi 1 B+ Juli 2014 4x USB 2.0 700MHz 512MB Tidak Tidak
Raspberry Pi 1 A+ November 2014 1x USB 700MHz 512MB Tidak Tidak
Raspberry Pi 2 Februari 2015 4x USB 900MHz 1GB Tidak Tidak
Raspberry Pi Zero November 2015 1x Micro USB 1GHz 512MB Tidak Tidak
Raspberry Pi 3 Februari 2016 4x USB 1.2GHz 1GB 4.1 LE Ya
Raspberry Pi Zero W Februari 2017 1x Micro USB 1GHz 512MB 4.1 Ya
Raspberry Pi 3 B+ Maret 2018 4x USB 2.0 1.4GHz 1GB 4.2, BLE Ya
Raspberry Pi 3 A+ November 2018 1x USB 2.0 1.4GHz 512MB 4.2, BLE Ya
Raspberry Pi 4 Juni 2019 2x USB 3.0, 2x USB 2.0 1.5GHz 1GB, 2GB, 4GB atau 8GB 5.0, BLE Ya

Raspberry Pi 4 Model B.

Mengenal Raspberry Pi, komputer papan tunggal

Raspberry Pi 3 Model A+.

Mengenal Raspberry Pi, komputer papan tunggal

Raspberry Pi Zero W.

Mengenal Raspberry Pi, komputer papan tunggal

Sebagai sebuah unit komputer, Raspberry Pi juga memiliki software sistem operasi untuk mengelola dan mengkoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Raspberry Pi Foundation menyediakan Raspberry Pi OS (sebelumnya disebut Raspbian) yang merupakan turunan dari distro Linux Debian 32-bit. Sistem operasi lainnya juga dapat digunakan pada Raspberry Pi seperti RISC OS, FreeBSD, Windows 10 IoT Core, CentOS, OpenSUSE, NetBSD, Lubuntu, Kali Linux dan masih banyak lagi.

Mengenal Raspberry Pi, komputer papan tunggal

Raspberry Pi sendiri juga mempromosikan Phyton dan Scratch sebagai bahasa pemrograman utama. Phyton, Scratch, C, C++, Java dan juga Ruby, semuanya diinstal secara default di Raspberry Pi. HTML5, JavaScript, JQuery, Perl dan Erlang juga bisa digunakan. Sejumlah besar bahasa pemrograman lain juga disesuaikan untuk Raspberry Pi, baik oleh pembuat maupun pengguna bahasa yang ingin melihat bahasa pemrograman mereka tersedia di Raspberry Pi.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It