Perlunya memformat USB flash drive

Mungkin sebagian dari Anda ketika membeli USB flash drive akan langsung menggunakannya. Tidak terfikir oleh Anda untuk memformat terlebih dulu atau memang sengaja tidak ingin memformatnya. Tahukan Anda bahwa memformat USB flash drive sebelum digunakan cukup penting dan memiliki beberapa keuntungan. Memformat USB flash drive bukan sesuatu yang sulit dan juga tidak berbeda dengan memformat drive-drive lainnya.

Ketika Anda memformat USB flash drive, itu sama artinya dengan Anda menyiapkan USB flash drive agar dapat digunakan secara layak oleh komputer. Ketika USB flash drive diformat, filing system akan dibuat. Filing system ini dapat membuat data yang tersimpan terorganisasi dengan lebih baik dan pada akhirnya USB flash drive dapat bekerja pada performa terbaiknya.

Baca artikel terkait:

Bila Anda mempunyai USB flash drive lama, memformat USB flash drive tersebut adalah cara yang terbaik menghapus data lama, malware dan bloatware. Dengan memformat, Anda dapat merubah file system, apakah akan menggunakan NTFS, exFAT, FAT32 atau FAT. Namun demikian, jika Anda mempunyai USB flash drive berkapasitas besar, lebih dari 32 GB, opsi FAT32 dan FAT tidak muncul. Dengan memformat, Anda juga dapat memperbarui (update) software untuk flash drive tersebut.

Ketika memformat USB flash drive, ada opsi yang dapat disesuaikan yaitu File system, Allocation unit size, Volume label, Restore device defaults dan Format options. Dari semua itu, file system memiliki peran sangat penting. File system yang Anda pilih akan berkaitan erat dengan alokasi file yang menentukan bagaimana dan dimana file secara digital disimpan. Sederhananya, bila Anda mempunyai USB flash drive berkapasitas besar dan akan digunakan untuk mentransfer file dalam ukuran besar, Anda dapat menggunakan NTFS.

Anda mungkin menyukai artikel ini:

Untuk mulai memformat, masukkan USB ke port yang ada di komputer, USB Drive akan muncul di File Explorer atau Windows Explorer. Klik kanan tombol mouse tepat di USB Drive tersebut (1) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Format (2). Anda juga dapat menemukan USB Drive dengan cara mengklik folder This PC dan semua drive termasuk USB Drive akan muncul.

Memformat USB flash drive dan keuntungan melakukan pemformatan

Di kotak dialog USB Drive, beberapa penyesuaian yang umumnya dilakukan adalah menentukan file system yang digunakan (1), memberi label (2) dan juga merubah Format options (3). Bila Anda menghilangkan tanda centang di kotak centang (check box) Quick Format, proses pemformatan akan memakan waktu lebih lama. Bila Anda telah yakin dengan penyesuaian yang sudah dilakukan, klik tombol Start untuk mulai memformat (4).

Memformat USB flash drive dan keuntungan melakukan pemformatan

Di kotak dialog Format USB Drive (F:) yang muncul, klik tombol OK.

Memformat USB flash drive dan keuntungan melakukan pemformatan

Proses pemformatan USB flash drive sedang berjalan. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Memformat USB flash drive dan keuntungan melakukan pemformatan

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner