Apa itu flash drive (definisi dan penjelasan)

Flash drive adalah alat penyimpanan portabel berukuran kecil, tidak lebih besar dari ibu jari, yang digunakan untuk menyimpan atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain. Flash drive disebut juga dengan flash disk, pen drive, data stick, memory unit, thumb drive, keychain drive atau jump drive. Sebelum flash drive populer sebagai alat penyimpanan, file banyak disimpan di keping CD atau DVD.

Selain berukuran kecil, flash drive juga ringan, memakai daya (power) sedikit atau sangat kecil ketika digunakan. Flash drive sebenarnya adalah chip memori sirkuit terintegrasi yang dibungkus selubung (casing) yang terbuat dari plastik atau aluminium sehingga data yang tersimpan di dalamnya tetap aman dari goresan, debu, guncangan dan medan magnet sehingga memiliki resiko kerusakan jauh lebih kecil dibandingkan keping CD atau DVD.

Menggunakan flash drive yang benar.

Setiap komputer memiliki port USB. Bila komputer Anda tergolong baru, kemungkinan besar port USB adalah port USB 3.0 dengan warna biru di bagian dalamnya. Ketika Anda selesai membuat dokumen dan ingin menyimpannya di flash drive, Anda dapat mencolokkan atau mengkoneksikan flash drive ke port USB yang ada di komputer. Umumnya, untuk komputer dekstop, port USB ada di bagian depan dan untuk laptop ada di bagian samping casing.

Baca artikel Memperbaiki Port USB Yang Tidak Bekerja Di Windows

Setiap komputer diatur untuk menampilkan pemberitahuan (notice) ketika ada alat atau perangkat baru dicolokkan ke komputer. Sangat dianjurkan ketika menggunakan flash drive pertama kali, Anda perlu melakukan pemformatan flash drive. Ada manfaat memformat flash drive sebelum digunakan yaitu memastikan kompatibilitas dengan sistem operasi yang digunakan dan juga menyiapkan flash drive agar dapat digunakan secara layak oleh komputer.

Apa itu flash drive (definisi dan penjelasan)

Melepas flash drive dengan benar.

Flash drive adalah perangkat elektronik yang perlu diperlakukan dan digunakan dengan baik untuk menghindari kerusakan flash drive dan data. Umumnya, flash drive memiliki lampu indikator yang menunjukkan apakah suatu operasi pada flash drive sedang berlangsung atau sudah selesai. Ketika operasi pada flash drive masih berlangsung, misalnya menyimpan dokumen, menonton film atau mendengarkan musik, hendaknya Anda tidak mencabut flash drive dari port USB.

Bila sudah tidak ada operasi pada flash drive dan flash drive tidak digunakan lagi, Anda dapat melepas flash drive. Namun demikian, Anda tidak boleh asal melepas atau mencabut dari port USB begitu saja. Microsoft Windows menyediakan cara melepas flash drive dengan aman dari port USB. Alternatif lainnya, dengan melakukan pengaturan terlebih dahulu, Anda dapat melepas flash drive tanpa "Safe to Remove Hardware" kapan saja bila dalam keadaan terburu-buru.

Drive letter pada flash drive.

Di sistem operasi Microsoft Windows, ketika mencolokkan flash drive ke port USB di komputer, Anda dapat menemukan flash drive muncul sebagai drive letter tambahan. Sebagai contoh, hard drive (hard disk) Anda menggunakan drive letter C, disk drive (CD atau DVD) Anda menggunakan drive letter D, kemungkinan flash drive Anda menggunakan drive letter E. Aturan ini bisa berbeda bila Anda misalnya memiliki dua hard drive.

Baca artikel:

Untuk memastikan, Anda dapat membuka atau menjalankan File Explorer di Microsoft Windows. File Explorer, dulunya Windows Explorer, adalah aplikasi built-in Windows untuk mengelola file dan folder. File Explorer memiliki tampilan grafis sehingga mudah digunakan. Di File Explorer ini, Anda dapat melihat drive letter baru yang muncul setelah mencolokkan flash drive ke port USB.

Mengapa perlu memilih flash drive.

Mengapa memilih flash drive, bukan yang lain seperti CD, DVD, external hard drive atau lainnya? Flash drive berukuran kecil, ringan, portabel dan memiliki kapasitas meyimpanan besar mulai dari 8 GB sampai dengan 2 TB untuk saat ini. Ukuran terbesar sudah cukup menyimpan semua file penting apapun yang Anda miliki. Anda tidak direpotkan membawa banyak keping CD atau DVD dan juga external hard drive yang lebih berat dan rentan rusak.

Baca artikel Mengatasi Hard Disk Eksternal Yang Tidak Terdeteksi

Membawa flash drive dengan banyak file penting di dalamnya tidak akan terasa atau merepotkan Anda. Anda dapat menyimpannya bersama-sama dengan gantungan kunci, di leher atau bisa memasangnya di tas buku. Anda dapat membawa ke mana-mana tanpa beban. Saat diperlukan, Anda tinggal mencolokkan ke port USB di komputer perpustakan untuk mengedit file yang belum selesai, di komputer teman untuk tugas bersama atau di komputer rental untuk mencetak dokumen yang dibuat.

Merek atau produsen flash drive terkenal.

Flash drive dijual di pasaran dengan kapasitas dan merek yang berbeda. Flash drive yang memiliki kapasitas sama, namun dengan merek atau dikeluarkan oleh pabrikan berbeda, bisa memiliki harga yang berbeda meskipun tidak jauh. Selain kapasitas, terkadang pembeli juga mempertimbangkan mereknya. Ada cukup banyak merek atau produsen flash drive, 7 diantaranya yang terkenal adalah SanDisk, Kingston Technology, Sony Corporation, Transcend Information, Toshiba, Hewlett Packard (HP) dan Corsair Components.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It