Mengubah PC Windows Menjadi Wi-Fi Hotspot Untuk Berbagi Koneksi Internet

Pernahkah Anda berfikir untuk berbagi akses internet yang ada di PC dengan perangkat lain? Dapat berbagi akses internet dengan perangkat lain sangat membantu bila hanya ada satu perangkat yang mempunyai akses internet. Microsoft Windows memiliki tool built-in untuk menjadikan PC Windows sebagai hotspot Wi-Fi. Namun yang perlu diketahui, setiap versi Microsoft Windows memiliki pengaturan yang berbeda.

Sebenarnya, selain menggunakan tool built-in Windows untuk menjadikan PC Windows sebagai Wi-Fi hotspot, Anda juga dapat menggunakan utilitas dari pihak ketiga (third-party utilities) seperti Connectity Hotspot, Virtual WiFi Router, VirtualRouter, WiFi Hotspot Creator dan juga Thinix.

Baca artikel:

Namun apabila Anda sudah menggunakan Microsoft Windows 10 Anniversary Update, Anda dapat melakukan pengaturan dengan mudah. Tidak masalah apakah koneksi internet yang Anda ingin bagikan berupa koneksi kabel atau wireless.

Untuk memulai, klik tombol Start yang terletak di sudut kiri bawah dan kemudian pilih Settings.

Cara mengubah PC windows menjadi hotspot wi-fi

Dari laman Windows Settings yang muncul, klik atau pilih Network & Internet.

Cara mengubah PC windows menjadi hotspot wi-fi

Di laman Network & Internet yang muncul, di area sebelah kiri, pilih Mobile hotspot.

Cara mengubah PC windows menjadi hotspot wi-fi

Di area sebelah kanan, di bagian Mobile hotspot, ubah nilai tombol toggle swicth berlabel Share my Internet connection with other devices dari Off ke On. Jika Anda ingin melanjutkan untuk mengganti nama dan password jaringan, klik tombol Edit.

Cara mengubah PC windows menjadi hotspot wi-fi

Di kotak dialog Edit network info, masukkan nama dan password jaringan yang Anda ingnkan dan kemudian klik tombol Save untuk mengakhiri.

Cara mengubah PC windows menjadi hotspot wi-fi
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It