Cara Menyalin Dan menempel Teks Tanpa Format Di Microsoft Word

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) untuk membuat dokumen teks. Meskipun Anda dapat menyisipkan obyek seperti gambar, foto, grafik, shapes dan sebagainya, namun obyek-obyek ini diperlakukan berbeda dengan teks. Gambar yang disisipkan ke dokumen berada di layer atau lapisan tersendiri di dokumen Microsoft Word. Jadi teks tetap menjadi basis utama dokumen Microsoft Word.

Anda dapat mengetik teks langsung di lembar kerja Microsoft Word untuk membuat dokumen teks atau Anda dapat menggunakan cara salin dan tempel (copy paste) teks dari dokumen yang sama, dokumen berbeda atau dari sumber lain. Cara salin dan tempel teks dapat berupa kata, frasa, kalimat, paragraf atau beberapa paragraf untuk mempercepat pembuatan dokumen Microsoft Word.

Baca artikel Menghapus Pemformatan Sel Di Microsoft Excel Dengan Cepat

Teks dari dokumen yang sama, dokumen berbeda atau dari sumber lain bisa dalam keadaan sudah terformat seluruhnya atau sebagian. Teks mungkin saja diberi format garis bawah (underline), cetak miring (italic), ukuran font dirubah, diberi warna lain dan sebagainya. Ketika Anda menyalin (copy) teks yang sudah diformat, hasil menempelkan (paste) ke dokumen Microsoft Word juga akan terformat.

Baca artikel Memformat Teks Sebagai Superscript Atau Subscript Di Microsoft Word

Cukup sering Anda menyalin dan menempel (copy paste) teks dari sumber lain di internet seperti halaman web yang dibuka di browser. Teks di halaman web umumnya diformat sedemikian rupa untuk menarik pengunjung. Teks di halaman web dibuat dengan elemen HTML dan diformat dengan CSS. Secara default, teks terformat yang disalin dari halaman web dan ditempel di dokumen Microsoft Word juga akan terformat.

Namun bila diinginkan, Anda juga dapat menyalin dan menempel (copy paste) teks tanpa format. Microsoft Word dan aplikasi Microsoft Office lain seperti Excel dan PowerPoint memiliki fitur untuk menyalin dan menempel teks dengan menghapus atau menghilangkan format bila menginginkan teks sederhana (plain text). Berikut ini adalah caranya:

Buka halaman website, tentukan teks yang ingin disalin terlebih dahulu. Di contoh ini akan disalin teks "11 Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup".

Cara menyalin dan menempel teks tanpa format di dokumen Microsoft Word

Seleksi atau sorot teks yang akan disalin (1), klik kanan mouse pada teks yang telah diseleksi untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Copy (2).

Cara menyalin dan menempel teks tanpa format di dokumen Microsoft Word

Jalankan aplikasi Microsoft Word, posisikan kursor di tempat teks akan ditempel, klik kanan mouse di posisi kursor untuk menampilkan menu pintas dan kemudian klik ikon Keep Text Only.

Cara menyalin dan menempel teks tanpa format di dokumen Microsoft Word

Selain melalui menu pintas di atas, Anda juga dapat menggunakan tombol Paste di ribbon. Pastikan Anda berada di tab Home (1), klik tombol Paste (2) dan kemudian klik ikon Keep Text Only (3).

Cara menyalin dan menempel teks tanpa format di dokumen Microsoft Word

Cara lain masih melalui tombol Paste di ribbon. Pastikan Anda berada di tab Home (1), klik tombol Paste (2) dan kemudian klik Paste Special... (3).

Cara menyalin dan menempel teks tanpa format di dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Paste Special yang muncul, di kotak daftar (list box) As, pilih atau klik Unformatted Text (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Cara menyalin dan menempel teks tanpa format di dokumen Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It