Jika Anda memiliki PC (Personal Computer) dengan kartu grafis (graphics card) NVIDIA di dalamnya dan sedang memiliki masalah dengan audio komputer, misalnya Anda tidak bisa mendengar suara dari speaker, masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah driver NVIDIA High Definition Audio yang mungkin sudah tidak kompatibel atau corrupt. Bila demikian, Anda perlu melakukan update driver audio NVIDIA yang sesuai dengan kartu grafis NVIDIA.

Ketika Anda menginstal driver kartu grafis NVIDIA, driver NVIDIA High Definition Audio akan terinstal otomatis. Jadi driver NVIDIA High Definition Audio menjadi bagian dari driver kartu grafis NVIDIA. Lalu bagaimana bila Anda ingin menginstal hanya driver NVIDIA High Definition Audio saja? Ada beberapa cara yaitu melalui Device Manager, melalui software driver updater pihak ketiga (third-party software) atau melalui driver kartu grafis NVIDIA.

Baca artikel Mengetahui Aplikasi Yang Menggunakan GPU NVIDIA

Melalui Device Manager, Anda dapat mengarah ke bagian Sound, video and game controllers, lalu klik kanan mouse tepat di NVIDIA High Definition Audio dan kemudian pilih Update driver. Anda juga bisa menggunakan driver updater dari pihak ketiga seperti Driver Easy, TweakBit Driver Updater, Driver Booster atau DriverMax. Namun demikian, melakukan update driver melalui Device Manager cukup sering gagal, sedangkan software driver updater pihak ketiga biasanya bersifat komersial.

Artikel menarik lainnya:

Cara melakukan update driver NVIDIA High Definition Audio yang terbaik dan aman adalah dengan mengunduh (download) versi driver terbaru langsung dari produsen NVIDIA. Anda dapat mengunduh driver kartu grafis NVIDIA dari situs resmi NVIDIA. Di dalam driver kartu grafis, terdapat driver NVIDIA High Definition Audio. Anda dapat memilih opsi custom installation untuk menginstal hanya driver NVIDIA High Definition Audio saja.

Anda mungkin menyukai artikel ini:

Buka terlibih dahulu download page atau halaman unduhan driver kartu grafis NVIDIA. Anda perlu menentukan informasi produk kartu grafis NVIDIA yang Anda miliki, misalnya kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 750, dan versi Windows Anda (1) untuk mengunduh driver kartu grafis NVIDIA yang tepat. Pilih nilai dari atas ke bawah. Nilai informasi sebelumnya akan menentukan nilai informasi berikutnya, klik tombol Search untuk melanjutkan (2).

Cara update driver NVIDIA High Definition Audio dari produsen langsung

Di halaman web berikutnya dari hasil pencarian driver kartu grafis NVIDIA, klik tombol DOWNLOAD untuk mengunduh driver kartu grafis NVIDIA.

Cara update driver NVIDIA High Definition Audio dari produsen langsung

Di halaman web berikutnya, klik tombol AGREE & DOWNLOAD. Tentukan folder penyimpanan file instalasi dan bila proses mengunduh telah selesai, jalankan (klik ganda) file exe untuk memulai proses instalasi.

Cara update driver NVIDIA High Definition Audio dari produsen langsung

Ikuti prosesnya mulai dari file ekstraksi, pengecekan kompatibilitas sistem dan persetujuan lisensi. Bila sampai di kotak dialog Instalation Options, pilih Custom (Advanced) (1) dan kemudian klik tombol NEXT (2).

Cara update driver NVIDIA High Definition Audio dari produsen langsung

Di kotak dialog berikutnya, beri tanda centang hanya di kotak centang HD Audio Driver (1) dan kemudian klik tombol NEXT (2) untuk memulai instalasi driver NVIDIA High Definition Audio. Ikuti proses berikutnya sampai selesai.

Cara update driver NVIDIA High Definition Audio dari produsen langsung

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It