Cara memeriksa kesehatan hard disk

Hard disk dapat dianggap sebagai perangkas keras (hardware) paling utama. Hal ini karena selain sebagai tempat file system dan aplikasi, hard disk juga mejadi tempat penyimpanan sebagian besar file penting Anda. Nilai utama perangkat ini ada pada data yang tersimpan. ketika perangkat lain dapat diganti tanpa memikirkan resiko lain, kerusakan pada hard disk bisa menyebabkan hilangnya data penting terlebih bila tidak ada backup.

Secara rutin memeriksa kondisi atau kesehatan hard disk adalah upaya untuk memastikan bahwa hard disk selalu dalam kondisi baik dan data penting yang ada di dalamnya dalam keadaan aman. Windows memiliki beberapa tool yang dapat digunakan untuk memeriksa kesehatan hard disk meskipun dengan fungsi standar. Bila sangat diperlukan, Anda dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga (third-party apps) seperti WindowSMART atau Hard Disk Sentinel.

Baca artikel:

WindowSMART atau Hard Disk Sentinel adalah aplikasi berbayar, namun Anda juga dapat mencoba versi trial 30 hari. Tentu saja WindowSMART atau Hard Disk Sentinel menawarkan fitur lengkap dan kemampuan lebih baik dalam menemukan, menguji, mendiagnosa dan memperbaiki masalah pada hard disk. Namun bila Anda hanya ingin menggunakan perkakas bawaan Microsoft Windows, Anda dapat menggunakan salah satu yaitu Windows CHKDSK atau WMIC.

1. Menggunakan Windows CHKDSK.

Windows CHKDSK adalah tool bawaan Microsoft Windows. Anda dapat menggunakan tool ini untuk memeriksa dan menemukan error sistem atau bad sector pada hard disk. Tool ini akan mencoba untuk memperbaiki masalah yang bisa diperbaiki dan akan memberitahu Anda bila ada masalah besar yang tidak bisa diperbaiki.

Untuk memeriksa kesehatan hard disk menggunakan tool Windows CHKDSK, jalankan atau buka File Explorer, klik kanan pada drive yang akan diperiksa untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Properties.

Cara memeriksa kesehatan hard disk di Microsoft Windows

Di kotak dialog [drive] Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Tool (1) dan kemudian klik tombol Check (2) yang ada di bagian Error checking.

Cara memeriksa kesehatan hard disk di Microsoft Windows

Di jendela Error Checking [drive] yang muncul, klik Scan drive.

Cara memeriksa kesehatan hard disk di Microsoft Windows

2. Menggunakan WMIC.

WMIC adalah command-line interface untuk menjalankan banyak tugas administrasi yang salah satunya adalah memeriksa kesehatan hard disk. WMIC menggunakan fitur hard disk yang disebut dengan S.M.A.R.T (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) untuk melihat status dan menyediakan kesimpulan sederhana seperti "OK" bila hard disk dalam kondisi baik atau tidak ada masalah.

Untuk memeriksa hard disk menggunakan WMIC, jalankan atau buka Windows Command Prompt (baca artikel Membuka Atau Menjalankan Command Prompt Di Windows 10). Di jendela Command Prompt yang muncul, ketika wmic (1) dan tekan tombol Enter. Bila WMIC interface sudah siap, ketik diskdrive get status (2) dan tekan tombol Enter. Tidak lama, Anda akan melihat status dari hard disk (3).

Cara memeriksa kesehatan hard disk di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It